Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Siloam TB Simatupang pada Kamis meluncurkan Nest, sebuah program pra-kehamilan hingga pasca-persalinan dengan layanan komprehensif yang akan menemani setiap perjalanan calon orang tua sampai bertemu dengan buah hati.

"Nest Siloam Hospital menjadi jawaban bagi setiap tantangan ibu hamil sehingga setiap kehamilan, persalinan, dan pasca-persalinan dapat dilalui oleh ibu dan ayah dengan mudah dan less stress," kata CEO RS Siloam TB Simatupang dr. Dewi Anggraini di Jakarta, Kamis.

Menanti-nantikan kehadiran seorang anak merupakan salah satu momen yang paling bahagia di dalam kehidupan calon orang tua. Akan tetapi, ibu hamil juga membutuhkan dukungan sosial dan emosional sehingga dapat meminimalkan rasa khawatir selama melewati proses kehamilannya.

Oleh sebab itu, kata Dewi, program Nest hadir sebagai jawaban dengan pelayanan terbaik sehingga calon orang tua merasa aman dan nyaman selama mengandung hingga melahirkan buah hati.
 
Kamar perawatan program kehamilan Nest Rumah Sakit Siloam TB Simatupang, Jakarta, Kamis (11/05/2023). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)


Baca juga: RS Siloam perluas layanan klinik IVF di Lubuklinggau

Layanan ini dapat diikuti sejak sebelum masa kehamilan dengan pemeriksaan kesehatan orang tua untuk memastikan bahwa keduanya siap secara fisik dan mental.

Beberapa program Nest yang ditawarkan termasuk pemantauan kesehatan ibu dan janin, skrining laboratorium, senam hamil, senam nifas, kelas laktasi, edukasi perawatan bayi, edukasi perawatan ibu nifas, konseling nutrisi, hingga edukasi tanda-tanda bahaya selama kehamilan.

Saat kelahiran, calon orang tua akan mendapat sejumlah fasilitas eksklusif seperti kamar perawatan yang khusus dirancang untuk program Nest, perlengkapan buah hati, hingga celebratory dinner.

"Kamar dibuat senyaman mungkin, membuat mood ibu menjadi baik. Di sini kita akan memberikan diffuser, kemudian kita akan memberikan bunga, dan lain-lain untuk membuat ibu merasa lebih nyaman," kata Dewi.

"Kemudian kita akan support dengan celebratory dinner karena kita tahu ini (momen kelahiran) adalah sesuatu yang harus dirayakan bersama orang terkasih," imbuh dia.
 
Ruang untuk kelas yoga di Rumah Sakit Siloam TB Simatupang, Jakarta, Kamis (11/05/2023). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)


Baca juga: Lippo jajaki investasi sektor kesehatan di IKN Nusantara

Setelah kelahiran, program Nest mencakup edukasi dan konsultasi gizi oleh spesialis gizi, kunjungan berkala oleh dokter spesialis kandungan, dokter spesialis anak, pembelajaran mengenai nutrisi ibu menyusui dan bayi, hingga edukasi mengenai kontrasepsi.

Tak hanya itu, program juga menyediakan layanan home care di mana pasangan ayah dan ibu diberikan fasilitas memandikan bayi, perawatan tali pusat, melakukan pijat pada bayi, dan mengajarkan manajemen laktasi.

Selain di Jakarta, program Nest juga hadir di RS Siloam Sriwijaya Palembang. Untuk di RS Siloam TB Simatupang sendiri, terdapat sejumlah pilihan paket mulai dari VIP seharga Rp33.999.000 untuk melahirkan normal dan Rp52.999.000 untuk melahirkan caesar hingga Presidential Suite seharga Rp72.999.000 untuk melahirkan normal dan Rp99.999.000 untuk melahirkan caesar.

Baca juga: Awal aktivitas kerja BPJAMSOSTEK kunjungi RS Siloam

Baca juga: Siloam Hospitals Surabaya edukasi masyarakat soal kesehatan jantung

Baca juga: Hari Wanita Internasional, Prudential-Siloam beri "pap smear" gratis


 

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023