Kolaborasi Bankaltimtara dan Jalin juga menargetkan untuk berkontribusi dalam upaya mendorong inklusi keuangan nasional
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara atau Bankaltimtara menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) untuk kerja sama layanan LINK.

Melalui kerja sama itu, Bankaltimtara menjadi anggota jaringan LINK yang dikelola Jalin, sehingga nasabah dapat bertransaksi di ATM yang tergabung dalam jaringan LINK.

"Kami antusias untuk berkolaborasi dengan Jalin dalam mengembangkan layanan digital yang kuat, kompetitif dan kontributif demi mendukung pertumbuhan ekonomi daerah yang berkualitas dan berkelanjutan," kata Direktur Bisnis & Syariah Bankaltimtara Muhammad Edwin dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Direktur Bisnis & Syariah Bankaltimtara (PT BPD Kaltim Kaltara) Muhammad Edwin dan Direktur, yang membidangi komersial, PT Jalin Pembayaran Nusantara Eko Dedi Rukminto menandatangani nota kesepahaman di Jakarta, Kamis (11/5/2023). ANTARA/HO-PT Jalin Pembayaran Nusantara
Edwin menjelaskan kolaborasi dengan Jalin merupakan kunci dalam mendukung proses percepatan digitalisasi transaksi.

Kedua perusahaan meyakini optimalisasi layanan digital melalui kolaborasi dapat meningkatkan pendapatan masing-masing.

Selain soal transaksi, kolaborasi Bankaltimtara dan Jalin juga menargetkan untuk berkontribusi dalam upaya mendorong inklusi keuangan nasional.

Hal itu diwujudkan dengan turut melakukan persiapan dan partisipasi dalam literasi ekonomi keuangan digital serta pemenuhan kebutuhan sistem pembayaran masyarakat, khususnya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yang menjadi wilayah cakupan Bankaltimtara.

Selain itu, kolaborasi keduanya juga menambah opsi bagi nasabah terkait akses jaringan pembayaran yang lebih luas.

Menurut Edwin, nasabah Bankaltimtara dapat melakukan transfer, tarik tunai, pembayaran tagihan, pembelian produk hingga pembayaran e-commerce melalui ATM berlogo LINK.

Hal tersebut tidak hanya dapat dilakukan di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, tetapi di seluruh jaringan Jalin yang tersebar di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur, yang membidangi komersial, Jalin Pembayaran Nusantara Eko Dedi Rukminto mengatakan kerja sama dengan Bankaltimtara merupakan upaya perusahaan mengambil peran mendukung transformasi digital bank pembangunan daerah (BPD).

Selain dengan Bankaltimtara, Jalin juga menandatangani sejumlah kesepakatan dengan BPD lainnya, seperti Bank DKI dan Bank BJB Syariah.

Kerja sama dengan Bank DKI meliputi layanan Payment Integrator dan Cardless Withdrawal. Sedangkan, kesepakatan dengan Bank BJB Syariah mencakup layanan ATM.

Baca juga: Bankaltimtara raih penghargaan dalam Infobank-MRI SLE Award 2023
Baca juga: Jalin atasi lonjakan transaksi pembayaran selama Lebaran 2023
Baca juga: Jalin Pembayaran Nusantara akselerasi transformasi keuangan digital


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023