Jakarta (ANTARA News) - Southampton, yang bermain lebih ofensif pada babak kedua, mampu mencetak dua gol untuk mengimbangi tuan rumah Chelsea 2-2 pada laga Liga Utama Inggris, Kamis dinihari, di Stadion Stamford Brigde.

Chelsea memang lebih dulu unggul melalui gol Demba Ba menit 25 dan Eden Hazard menit 45, namun gempuran Southampton pada babak kedua telah menggagalkan ambisi Chelsea memenangi laga kandang kali ini.

Bermain di depan pendukungnya, Chelsea lebih dulu unggul melalui Demba Ba memanfaatkan umpan Cesar Azpilicueta yang meneruskan bola dari Frank Lampard dari sisi kiri pertahanan Southampton.

Di antara upaya-upaya Southampton yang berkali-kali dipatahkan pemain belakang Chelsea, Eden Hazard kemudian menambah gol untuk tuan rumah pada menit-menit akhir babak pertama.

Hazard mencetak gol setelah memanfaatkan bola muntah tendangan Ramires yang membentuk sisi atas kiri gawang Southampton.

Hingga turun minum Chelsea unggul dua gol belum terbalas.

Mengawali babak kedua, Chelsea yang sudah unggul dua gol sepertinya mengendurkan serangannya, namun sebaliknya Southampton, lebih agresif.

Pada sepuluh menit babak pertama, pelatih Nigel Adkins memanggil keluar Jay Rodriguez dan memasukkan Rickie Lambert.

Masuknya Lambert membuat serangan-serangan Southampton kian tajam dan cepat.

Dan tidak butuh waktu lama, pada menit 57 Lambert mampu memperkecil ketertinggalan melalui sundulan kepalanya menyambut umpan lambung Nathaniel Clyne. Kedudukan berubah menjadi 2-1.

Chelsea yang ingin mempertahankan keunggulan membuat kedua tim terlibat saling menekan dengan serangan-serangan cepatnya.

Namun, tekanan-tekanan Chelsea masih mampu digagalkan barisan belakang Southampton, dan satu peluang tendangan bebas oleh Frank Lampard juga tidak mengubah keadaan.

Upaya Chelsea menahan ancaman Southampton jebol ketika Puncheon mencetak gol indah menit 75, kedudukan menjadi 2-2.

Berharap untuk menambah gol, Benitez memasukkan Torres dan menarik keluar Frank Lampard pada menit 78.

Masuknya Torres tidak mampu mengembalikan Chelsea unggul. Peluang emas Torres menjelang menit 90 tidak bisa diselesaikan dengan baik, tendangannya masih melenceng ke sebelah kiri gawang Southampton.

Sampai empat menit waktu injury time habis, upaya Chelsea tidak juga membuahkan hasil dan pertandingan berakhir dengan skor 2-2.

Dengan hasil itu, Chelsea tetap berada di urutan ketiga klasemen Liga Utama Inggris dengan nilai 42, dikuntit Tottenham Hotspur yang akan menghadapi Manchester United 20 Januari mendatang.

Sementara Southampton masih terkutat di barisan bawah klasemen dengan mengumpulkan poin 22, demikian menurut laman resmi Premier League.

(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013