"Itulah kenapa jangan sampai ada kampanye hitam ataupun kabar bohong. Kita harus bersama-sama menjaga kedamaian dan kondusifitas bangsa dan Kalteng,"
Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Komisi I DPRD Kalimantan Tengah Sirajul Rahman mengajak seluruh elemen masyarakat di manapun berada, terkhusus di provinsi setempat, agar bersama-sama menciptakan Pemilu 2024 yang damai, bersih dari kampanye hitam dan hoaks atau kabar bohong.

"Itulah kenapa jangan sampai ada kampanye hitam ataupun kabar bohong. Kita harus bersama-sama menjaga kedamaian dan kondusifitas bangsa dan Kalteng," kata Sirajul di Palangka Raya, Jumat.

Menurut dia, pemilu merupakan pesta demokrasi yang harus dilaksanakan dengan gembira serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Masyarakat Indonesia, kata dia, sudah sepenuhnya menyadari haknya di pemilu, bahkan semakin cerdas dalam memilah informasi yang benar maupun tidak.

"Sekarang ini yang perlu lebih ditingkatkan adalah terkait perbedaan pilihan dalam pemilu. Sebab, perbedaan pilihan merupakan hal biasa dan hak setiap orang yang tidak boleh dipaksakan, apalagi dengan cara menjelek-jelekkan calon yang maju di pemilu," katanya.

Dia menyatakan, masyarakat berhak menentukan pilihan masing-masing, baik kepada presiden, gubernur, bupati, walikota dan juga wakil rakyat di dewan. Karena itu, jangan ada perpecahan bangsa hanya karena beda pilihan.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya menyebut bahwa pada tahun 2024 akan diselenggarakan pemilihan legislatif dari tingkat nasional, provinsi hingga kabupaten/kota, serta pemilihan pasangan Presiden dan Wakil Presiden.

Untuk itu, kampanye dengan tujuan menjatuhkan kandidat lainnya, semestinya tidak boleh terjadi. Apalagi kampanye hitam dilarang berdasarkan peraturan, karena cenderung ke arah fitnah dan menyebarkan berita bohong terkait kandidat tertentu.

"Jadi, saya kembali mengajak segenap lapisan masyarakat untuk tidak mudah terhasut atau percaya segala bentuk kampanye hitam yang sering dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab," kata Sirajul.
 

Pewarta: Kasriadi/Jaya W Manurung
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023