Bandung (ANTARA News) - Polda Jawa Barat mendirikan pos-pos pengamanan di sejumlah titik di daerah perbatasan dengan DKI Jakarta untuk mengantisipasi dampak banjir.

"Polda mendirikan pos pengamanan dampak banjir Jakarta di perbatasan seperti di Bogor, Cianjur, Sukabumi, Karawang dan Purwakarta," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Martinus Sitompul, di Bandung.

Pos pengamanan itu didirikan antara lain untuk membantu kelancaran transportasi sembako dan kebutuhan pangan lainnya dari Jawa Barat atau Jatim menuju Jakarta, serta memberikan pelayan kepolisian bagi korban banjir di Jakarta yang akan menuju wilayah Jabar.

Kapolda Jabar Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya telah secara khusus memberikan arahan terkait kesiagaan Polda Jabar mengantisipasi bencana di Jabar termasuk pula fokus penanganan dampak banjir yang melanda  Jakarta.

Selain mendirikan Posko Pengamanan di perbatasan wilayah Jabar dengan DKI Jakarta, Polda Jabar, juga menyiagakan personel Brimob, bila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mendukung SAR Jakarta.

"Kapolda telah menginstruksikan Brimob untuk siaga, bila sewaktu-waktu digeser, Polda Jabar sudah siap," kata Martinus.

Namun demikian, hingga Jumat pagi, belum ada perintah pergeseran personel dari Polda Jabar untuk membantu evakusai dan penanganan bencana di ibu kota.

"Belum ada pergeseran personel ke Jakarta, kami masih menunggu perintah dari Mabes Polri, mengingat pergeseran pasukan keluar wilayah hukum Polda Jabar ke Polda Metro Jaya harus melalui Mabes Polri," kata Kabid Humas Polda Jabar itu menambahkan.

(S033/F002)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013