...kita harus babarengan menangani banjir
Bandung (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf Macan Effendi mengajak Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bersama Kementerian Pekerjaan Umum (PU) membangun waduk mini untuk mencegah banjir di Jakarta dan Jabar.

Dede Yusuf dalam siaran persnya, Jumat, mengatakan, waduk-waduk mini tersebut dibangun di sepanjang jalur sungai Ciliwung dan Citarum yang bermuara ke ibu kota.

Ia mengatakan, Pemprov Jawa Barat tidak sanggup jika harus membangun waduk-waduk mini sendiri.

"Setelah hulu dibenani, kita harus membuat embung atau waduk mini di sepanjang jalur sungai yang bermuara di Jakarta, agar volume air yang masuk Ibukota terkurangi," ujarnya.

Menurutnya, pembuatan waduk-waduk mini sangat efektif mencegah banjir karena waduk tersebut dapat menangkap air yang mengalir deras dari hulu sungai Ciliwung dan Citarum. Dengan demikian hanya tinggal sepertiga volume air yang masuk ke Jakarta.

Ia menegaskan, DKI Jakarta tidak bisa menangani banjir seorang diri melainkan harus babarengan bersama Pemprov Jawa Barat dan pemerintah pusat.

"Apa yang saya sampaikan ini sudah melalui kajian, bukan sekadar usulan, kita harus babarengan menangani banjir," katanya.

Bencana banjir, menurut Dede bukanlah bencana yang tak bisa dihindari dan dengan semangat babarengan dan menekan ego sektoral antar instansi terkait, bencana banjir bisa dicegah.

"Hilangkan ego apalagi kepentingan politik, kita bekerja sepenuh hati melayani masyarakat, Pemprov Jabar, DKI dan Kementerian PU harus bahu-membahu membangun waduk mini tersebut," kata Dede Yusuf.

(KR-ASJ) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013