Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan semua daerah kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) berstatus sangat mudah terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Seluruh daerah di NTT saat ini dalam kondisi sangat mudah terjadi karhutla sehingga perlu diwaspadai bersama pemerintah dan masyarakat setempat," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi di Kupang, Minggu.

Baca juga: 99 hektare lahan di NTT terbakar selama Januari-Maret 2023

Ia mengatakan tingkat kemudahan terbakar di lapisan atas permukaan tanah tersebar merata di 22 kabupaten/kota se-NTT.

"Semua daerah berstatus merah yang artinya kondisi alang-alang dan dedaunan yang biasanya menutupi lantai hutan, dalam kondisi sangat kering dan sangat mudah terbakar," katanya.

Agung mengimbau warga agar berperan aktif mencegah terjadinya karhutla dengan menghindari aktivitas atau tindakan yang dapat memunculkan titik api.

Baca juga: BMKG imbau waspadai potensi karhutla di tiga pulau di NTT

Tindakan yang perlu dihindari, kata dia, seperti membuka atau membersihkan lahan pertanian atau perkebunan dengan cara membakar, membuang puntung rokok di area terbuka yang terdapat tumpukan dedaunan atau rumput kering.

Apabila titik api muncul, kata dia, sangat berpotensi membesar dan meluas, apalagi didukung dengan aktifnya angin muson timur di NTT.

Baca juga: Manggala Agni Sultra BKO antisipasi karhutla di NTT saat KTT ASEAN

"Oleh sebab itu, langkah pencegahan patut dilakukan karena jika terjadi karhutla, maka akan lebih sulit untuk dipadamkan," katanya.

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023