Jakarta (ANTARA) - KPU DKI Jakarta telah menerima pendaftaran 106 bakal calon legislatif (bacaleg) DKI Jakarta dari Partai Gelora dengan syarat segera melengkapi persyaratan sebelum pukul 23.59 WIB.

"106 bacaleg kami yang didaftarkan ke KPU DKI Jakarta sudah disetujui dengan persyaratan agar semua prasyarat pendaftaran harus dilengkapi hari ini," kata Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Gelora DKI Jakarta, Triwisaksana saat ditemui pers di KPU DKI Jakarta, Minggu.

Dia mengatakan, akan ada pengurus DPW DKI yang datang lagi ke KPU DKI lagi untuk melengkapi persyaratan pendaftaran.

Triwisaksana menambahkan, dari 106 bacaleg yang didaftarkan, keterwakilan perempuan sebesar 32 persen.

Baca juga: KPU DKI gandeng Kepolisian antisipasi gesekan antar simpatisan parpol

Triwisaksana yang akrab disapa Sani ini menambahkan, tantangan pertama dari Partai Gelora sebagai partai baru adalah administratif.

"Tantangan pertama tentu saja tantangan administratif, karena sebelum merekrut bacaleg ini harus melewati tahap verifikasi faktual terlebih dahulu," katanya.

Namun tantangan itu sudah dilewati dengan baik dan Partai Gelora DKI Jakarta sudah merekrut ribuan anggota baru. "Kemudian kami lolos sebagai peserta pemilu dan kali ini kami mendaftarkan 100 persen kursi di DPRD DKI," katanya.

Dia yakin Partai Gelora bisa berkiprah pada Pemilu 2024. "InsyaAllah kami tambah yakin bisa berkiprah dalam pemenangan Pemilu 2024 mendatang," ungkap Sani.

Baca juga: KPU DKI siapkan skema khusus pendaftaran Bacaleg pada hari terakhir

Hari ini dijadwalkan sebelas partai politik mendaftarkan bacaleg DPRD Provinsi DKI Jakarta dan DPD RI Dapil DKI Jakarta di Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta.

KPU DKI Jakarta optimis sebelas partai politik menyerahkan daftar bacaleg pada hari terakhir pendaftaran, Minggu (14/5).

"Ada sebelas parpol yang akan datang besok. Kita tunggu sampai pukul 23.59 WIB," kata Komisioner KPU DKI Jakarta Bidang Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Nurdin, Sabtu.

Berdasarkan jadwal dari KPU DKI Jakarta, sebelas partai yang akan mendaftarkan bacaleg DPRD DKI pada Minggu, yakni:
Pukul 09.00 WIB Partai Golkar
Pukul 10.00 WIB Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
Pukul 12.00 WIB Partai Perindo
Pukul 13.00 WIB Partai Buruh
Pukul 13.30 WB Partai Garuda
Pukul 14.14 WIB Partai Demokrat
Pulul 14.30 WIB Partai Gerindra
Pukul 15.00 WIB Partai Kebangkitan Nusantara
Pukul 16.00 WIB Partai Ummat
Pukul 16.00 WIB Partai Gelora
Pukul 17.00 WIB Partai Hanura

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023