Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa bidang politik terjadi pada Minggu (14/5), mulai dari Presiden Jokowi ingatkan menteri “nyaleg” bisa diganti apabila tidak fokus kerja hingga pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di KPU RI.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

1. Jokowi ingatkan menteri "nyaleg" bisa diganti bila tak fokus kerja

Presiden Joko Widodo mengingatkan para menteri maupun wakil menteri yang tidak fokus bekerja karena menjadi calon anggota legislatif (caleg) atau "nyaleg" dalam pemilu 2024 bisa diganti.

"Saya selalu evaluasi, kalau ganggu, memang kerjanya terganggu ya ganti bisa, begitu saja," kata Presiden Jokowi setelah memberikan arahan dalam acara Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.

2. Panglima mutasi 18 perwira tinggi TNI

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono memutasi sebanyak 18 perwira tinggi (pati) di lingkungan TNI, baik Pati TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) maupun Angkatan Udara (AU).

Mutasi, rotasi dan promosi jabatan para Pati di lingkungan TNI itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/487/V/2023 tanggal 11 Mei 2023, seperti dikutip ANTARA di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.

3. KPU RI terima berkas pendaftaran bakal caleg DPR dari Partai Demokrat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menerima secara resmi berkas pendaftaran sebanyak 580 orang bakal calon legislatif (caleg) untuk DPR RI pada Pemilu 2024 dari Partai Demokrat.

Berdasarkan pantauan ANTARA di lokasi, berkas tersebut diterima langsung oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dari Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Ruang Sidang Utama, Kantor KPU RI, Jakarta, Minggu, sekitar pukul 14.50 WIB.

Selengkapnya di sini.

4. KPU RI terima berkas pendaftaran bakal caleg DPR dari Partai Perindo

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menerima secara resmi berkas pendaftaran sebanyak 580 bakal calon legislatif (caleg) untuk DPR RI pada Pemilu 2024 dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Berdasarkan pantauan ANTARA di lokasi, berkas tersebut diterima langsung oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dari Ketua Umum (Ketum) Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo di Ruang Sidang Utama, Kantor KPU RI, Jakarta, Minggu, sekitar pukul 16.15 WIB.

Selengkapnya di sini.

5. KPU RI terima pendaftaran 580 bakal caleg dari Golkar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menerima secara resmi berkas pendaftaran sebanyak 580 bakal calon anggota DPR RI dari Partai Golkar.

Berdasarkan pantauan ANTARA di lokasi, berkas tersebut diterima langsung oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk F. Paulus di Ruang Sidang Utama, Kantor KPU RI, Jakarta, Minggu, sekitar pukul 20.39 WIB.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023