Lira Turki merosot ke level terendah dua bulan setelah pemilihan presiden akhir pekan tampaknya menuju putaran kedua,....
Tokyo (ANTARA) - Dolar naik ke level tertinggi lima minggu terhadap mata uang utama lainnya di sesi Asia pada Senin sore, didukung oleh kekhawatiran inflasi di dalam negeri dan kekhawatiran pertumbuhan secara global, meskipun kenaikannya dibatasi oleh antisipasi Federal Reserve akan memangkas suku bunga akhir tahun ini.

Lira Turki merosot ke level terendah dua bulan setelah pemilihan presiden akhir pekan tampaknya menuju putaran kedua, sementara baht Thailand menguat hampir satu persen setelah oposisi Thailand mengalahkan partai-partai sekutu militer juga pemilihan umum akhir pekan.

Greenback mendapat dukungan dari imbal hasil obligasi pemerintah yang lebih tinggi setelah survei ekspektasi inflasi jangka panjang konsumen AS melonjak ke level tertinggi sejak 2011, menempatkan kemungkinan kenaikan suku bunga Fed bulan depan kembali bermain, dengan pedagang meletakkan peluang tersebut di 11,5 persen.

Baca juga: Dolar capai tertinggi 5 minggu di Asia didorong kekhawatiran inflasi

Kekhawatiran atas kebuntuan plafon utang untuk menaikkan batas pinjaman pemerintah AS sebesar 31,4 triliun dolar AS juga memberikan beberapa dukungan pada dolar safe-haven.

"Sekarang setelah The Fed menyingkir, inflasi di AS menjadi lebih lemah dari yang diperkirakan. Saya pikir pasar jauh lebih (nyaman) dengan prospek Fed. Sekarang fokusnya adalah pada plafon utang dan ketika 'tanggal X' adalah, dan apakah mereka berpotensi memasuki situasi penutupan atau tidak," kata Khoon Goh, kepala penelitian Asia di ANZ.

Namun, penurunan suku bunga masih diperkirakan di pasar mulai Juli hingga akhir tahun, di tengah ekspektasi bahwa pembuat kebijakan akan melonggarkan persyaratan kredit di Amerika Serikat menyusul kejatuhan saham pemberi pinjaman regional AS, yang dipicu oleh jatuhnya Silicon. Valley Bank pada Maret.

Itu membatasi kenaikan dolar, yang memberi kenaikan euro sebesar 0,19 persen menjadi 1,08695 dolar, setelah mata uang bersama itu turun ke level terendah lima minggu di 1,08445 dolar di awal sesi.

Sterling naik 0,2 persen menjadi 1,24725 dolar. Aussie naik 0,62 persen menjadi 0,6683 dolar AS, sedangkan kiwi naik 0,45 persen menjadi 0,6219 dolar AS.

"Jika Anda menghilangkan ketidakpastian seputar situasi pagu utang, sentimen telah berubah menjadi bearish terhadap dolar," kata Goh.

Di Asia, China menjadi pusat kekhawatiran baru tentang resesi global setelah serentetan data ekonomi yang mengecewakan, termasuk impor dan inflasi, menunjukkan permintaan domestik yang lemah. Lebih banyak bukti bisa datang dari laporan penjualan ritel Selasa (16/5/2023).

Yuan turun ke level terendah baru dua bulan di 6,9749 per dolar dalam perdagangan luar negeri pada Senin sebelum sedikit memangkas kerugian menjadi 6,9633. Bank sentral China mempertahankan suku bunga reverse repo tujuh hari tidak berubah pada 2,0 persen pada Senin.

Baca juga: Rupiah diperkirakan melemah tertekan kenaikan imbal hasil obligasi AS

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang utama lainnya, mencapai 102,75 untuk pertama kalinya sejak 10 April di awal perdagangan Asia, meski kemudian turun 0,11 persen menjadi 102,58. Indeks menguat 1,4 persen minggu lalu.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun sedikit berubah di Tokyo, melayang di sekitar 3,485 persen. Ini terus menekan yen, yang cenderung bergerak terbalik terhadap imbal hasil jangka panjang AS. Mata uang Jepang merosot serendah 136,27 per dolar, dan bertahan sekitar 0,3 persen lebih rendah pada 136,17 per dolar.

Dolar terakhir naik 0,28 persen pada 19,635 lira Turki setelah sebelumnya melompat ke 19,70 untuk pertama kalinya sejak 10 Maret.

Turki menuju pemungutan suara putaran kedua setelah Presiden Tayyip Erdogan mengungguli proyeksi, memegang keunggulan yang cukup besar atas saingannya tetapi gagal mencapai mayoritas langsung.

Baca juga: Yuan tergelincir 173 basis poin menjadi 6,9654 terhadap dolar AS

Mata uang AS merosot 0,72 persen menjadi 33,735 baht dalam perdagangan domestik Thailand, dan sebelumnya merosot sebanyak 0,92 persen.

Partai-partai oposisi Thailand mengamankan kemenangan pemilu yang menakjubkan pada Minggu (14/5/2023), tetapi masih jauh dari kepastian apakah mereka akan membentuk pemerintahan berikutnya, dengan peraturan parlemen yang ditulis oleh junta militer.

"Tampaknya stabilitas politik yang tersirat dalam hasil 'Goldilocks' dapat memicu reli (baht Thailand)," kata Vishnu Varathan, kepala ekonomi dan strategi di Mizuho Bank.

"Kemenangan untuk Move Forward dan Pheu Thai tidak mengecewakan ekspektasi, dan mendukung optimisme ekonomi tentang kebangkitan sektor swasta."
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023