"Sekarang kan agak sulit cari lapangan kerja, jadi bisa dengan usaha mikro, kecil. Jadi UMKM. Kalau saya jadi maka saya akan buka dunia kerja UMKM, kami cari lokasi kemudian usaha bareng di situ,"
Solo (ANTARA) -
Juru parkir di Kota Solo Aleg Wahyudi menjajal peruntungan di dunia politik dengan maju sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) di DPRD Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah melalui Partai Solidaritas Indonesia (PSI).
 
Pria berusia 40 tahun ini saat ditemui di Solo, Senin, mengatakan ingin masuk menjadi anggota legislatif karena ingin membuka dunia kerja bagi anak muda.
 
"Sekarang kan agak sulit cari lapangan kerja, jadi bisa dengan usaha mikro, kecil. Jadi UMKM. Kalau saya jadi maka saya akan buka dunia kerja UMKM, kami cari lokasi kemudian usaha bareng di situ," kata Aleg, yang biasa menjadi juru parkir di Alun-alun Kidul dari pukul 16.00-22.00 WIB.
 
Dengan demikian, diharapkan anak muda bisa lebih kreatif melalui dunia usaha.
 
"Banyak yang lulus SMA, kemudian yang ingin SMA terpaksa hanya berhenti di SMP. Itu kan susah cari kerja. Nah, ini ada perwakilan di dewan," katanya.
 
Untuk maju menjadi calon legislatif, ia mengaku tidak memiliki modal uang. Kepercayaan diri tersebut dia dapatkan usai berkomunikasi dengan anggota DPRD Kota Surakarta dari Fraksi PSI Antonius Yogo Prabowo yang pada pileg mendatang akan maju ke tingkat provinsi.
 
"Dia mengatakan ke saya maju tanpa modal, tanpa uang, dengan cara face to face, ayo ketemu, ngobrol bareng. Ayo gimana caranya majukan anak-anak muda. Oleh karena itu, saat ini saya sudah masuk ke komunitas anak muda," katanya.
 
Ketua DPD PSI Kabupaten Karanganyar Landri Sumarmo membenarkan Aleg menjadi salah satu dari 19 bacaleg PSI yang sudah mendaftar ke KPU. Terkait hal itu, pihaknya membuka peluang bagi semua kalangan dan semua unsur yang punya visi misi sama.
 
"Dia memang sebagai jukir di Alun-alun Kidul. Harapannya beliau bisa menyuarakan kelompok masyarakat bawah seperti PKL (pedagang kali lima), pengunjung keraton. Memang di lingkungannya cukup aktif," katanya.
 
Sementara itu, pada Pemilihan Legislatif 2024 Kabupaten Karanganyar PSI menargetkan sebanyak lima kursi, yakni satu kursi dari setiap dapil.
 
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023