Kami optimistis target 8,2 juta orang bisa terealisasi hingga akhir tahun.
Padang (ANTARA) - Kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat (Sumbar)​​​ melalui program "Visit Beautiful West Sumatra" 2023 telah tercapai 50 persen dari target yang dicanangkan sebanyak 8,2 juta orang.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda, di Padang, Senin, mengatakan hingga libur Lebaran 2023, jumlah kunjungan wisatawan ke Sumbar telah tercatat 4,1 juta atau 50 persen dari target.

"Dalam empat bulan pertama 2023, realisasi sudah 50 persen. Kami optimistis target 8,2 juta orang bisa terealisasi hingga akhir tahun," katanya pula.

Ia mengakui bahwa sebelum libur Lebaran 2023, target yang ditetapkan terasa berat untuk dicapai. Namun melihat tingkat kunjungan wisatawan selama momen libur Lebaran lalu, ia optimis target itu dapat dicapai.

Dia mengatakan sejak awal tahun Pemprov Sumbar bersama kabupaten dan kota sudah menyiapkan 82 agenda wisata untuk menarik wisatawan datang ke Sumbar.

Agenda wisata yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota itu digelar sepanjang tahun, sehingga pada bulan apa pun wisatawan datang ke Sumbar bisa menikmati satu atau dua agenda wisata.

Agenda wisata itu pun didukung dengan promosi yang dilakukan oleh kabupaten dan kota, seperti Tanah Datar yang meluncurkan agenda wisata di Pekanbaru, Riau.

"Ini memberikan efek promosi yang sangat baik untuk Sumbar," katanya lagi.

Selain itu, foto dan video yang diunggah wisatawan yang datang ke Sumbar juga memberikan efek promosi yang menguntungkan daerah.

"Karena itu kami sangat mengapresiasi Polda Sumbar, pihak terkait dan masyarakat yang telah mampu mengurangi kemacetan pada libur Lebaran 2023 melalui kebijakan one way atau satu arah, sehingga wisatawan menjadi lebih nyaman berwisata. Dengan demikian konten di media sosial tentang pariwisata Sumbar juga positif pada libur Lebaran," katanya pula.
Baca juga: Sumbar tambah kegiatan mendukung Visit Beautiful West Sumatra 2023

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023