Jakarta (ANTARA) - Setelah pembatasan aktivitas luar ruangan dicabut, Indonesia memasuki musim konser lantaran begitu banyak promotor yang mengadakan pertunjukan musik.

Penggemar musik tentu perlu pintar-pintar menabung dan mengatur pengeluaran supaya bisa menonton konser idola.

"Dengan banyaknya kebutuhan dan keperluan di masa depan termasuk untuk keperluan hiburan, menabung jadi salah satu cara agar keuangan lebih terkontrol," kata Kepala Komunikasi pemasaran blu by BCA Digital Duardi Prihandiko dalam siaran pers, Senin.

1. Lakukan perencanaan keuangan
Untuk sekali menonton konser, seseorang perlu mengeluarkan uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jika ingin menonton lebih dari satu konser, seseorang perlu melakukan budgeting atau perencanaan keuangan.

Baca juga: Kiat bila ingin manfaatkan uang THR sebagai tabungan

Catat berbagai pengeluaran yang akan dikeluarkan saat menonton konser, seperti tiket, merchandise (pernak-pernik) yang akan dibeli, biaya penginapan, transportasi, konsumsi sampai baju yang akan dikenakan.

Perencanaan keuangan seperti itu perlu dilakukan supaya bisa mendapat gambaran berapa biaya yang dibutuhkan pada setiap konser yang ingin ditonton. Perencanaan keuangan juga bisa menjadi acuan supaya tidak menghabiskan uang di luar perencanaan atau kehabisan uang di tengah jalan.

Keuntungan lain membuat perencanaan keuangan adalah bisa memperkirakan berapa uang yang harus disisihkan untuk menabung.

2. Pisahkan tabungan untuk nonton konser
Jika sudah mengetahui berapa total biaya yang diperlukan untuk menonton konser, seseorang bisa memperkirakan berapa banyak uang yang harus disisihkan dan berapa lama perlu menabung.

Tabungan untuk menonton konser sebaiknya dipisah supaya tidak terpakai untuk kebutuhan lain. Cara yang paling mudah adalah dengan membuat rekening baru khusus untuk tabungan konser.

3. Konsisten menabung
Hal yang penting dalam menabung adalah konsistensi. Seseorang mungkin menghadapi banyak godaan untuk mencapai target tabungan atau lupa menyisihkan uang untuk tabungan konser.

Jika tidak konsisten menabung, maka kemungkinan jumlah target bisa jadi tidak tercapai sesuai dengan waktu yang diharapkan. Agar tidak lupa menabung, gunakan fitur auto debit, nasabah bisa menentukan berapa uang yang akan dipotong dari rekening dan secara otomatis akan masuk ke tabungan konser.

Baca juga: OCBC NISP berikan berbagai tips menabung dana darurat secara tepat

Baca juga: Menabung bersama pasangan sebelum menikah, penting kah?

Baca juga: Tips mengatur "cash flow" agar tak salah perhitungan

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023