Saya senang bisa kembali dalam final Superseries.
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Peringkat satu dunia Lee Chong Wei (30) mengamankan tiket ke final turnamen Malaysia Terbuka, Sabtu, setelah sukses mengalahkan pemain Denmark Jan O Jorgensen.

Favorit tuan rumah itu juga sekaligus pula berpeluang menciptakan rekor menjuarai Malaysia Terbuka untuk kesembilan kalinya.

"Itu memang pertandingan yang sulit dan Jan memaksa saya untuk bekerja keras," kata Lee, yang di final akan menghadapi andalan Indonesia, Sony Dwi Kuncoro.

"Saya belum menghadapi dia dalam waktu lebih dari satu tahun terakhir dan dia telah bangkit kembali dari cederanya untuk masuk ke lima besar dunia. Jadi saya mengharapkan pertandingan lain yang juga keras."

Sony, juara Asia tiga kali, pernah menempati peringkat terendah 79 dunia sepuluh bulan yang lalu, tapi sekarang ia berada dalam performa terbaiknya setelah berjuang keras mengatasi cedera kakinya.

Peraih medali perunggu Olimpiade 2004 Athena berusia 29 tahun itu akan bergerak sampai di nomor empat dunia ketika peringkat dunia yang baru diumumkan pada minggu depan.

Kuncoro melaju ke final setelah mengalahkan pemain Jepang Kenichi Tago 21-12, 19-21, 23-21.

"Saya senang bisa kembali dalam final Superseries. Setahun yang lalu, saya merasa karir dalam bahaya karena semua cedera yang saya alami, tetapi saya senang dengan kemajuan ini," katanya.

Di tunggal putri, pemain China Yao Xue masuk ke final superseries-nya yang pertama setelah sukses mengkandaskan pemain Korea Selatan Bae Yeon-Ju 21-15, 21-18 dalam 34 menit.

Yao, yang akan berusia 22 tahun pada hari Kamis, akan menghadapi pemain muda Taiwan Tai Tzu-ying (18) yang pada babak sebelumnya sukses mengalahkan andalan India Saina Nehwal 22-20, 21-14.

"Saya tidak pernah menyangka akan melangkah hingga sejauh ini di turnamen. Aku harus melewati babak kualifikasi dan untuk mencapai final adalah bonus besar bagi saya," kata Yao.

Ganda putri China Bao Yixin/Tian Qing mengalahkan Lejarsar Variella Aprilsasi Putri/Marissa Vita 21-13, 21-17 untuk memastikan tiket final mereka.

Ganda putri China itu akan menghadapi ganda Jepang Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi yang pada babak sebelumnya mengalahkan ganda Singapura, Shinta Mulia Sari/Yao Lei 22-20, 21-14.
(D011)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013