Washington (ANTARA News) - Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden diambil kembali sumpahnya pada Minggu pagi waktu setempat, atau sehari lebih awal dari pelantikan kedua kalinya Barack Obama sebagai Presiden AS Senin pagi waktu AS atau Senin malam esok WIB.

Biden meletakkan tangannya pada sebuah injil tebal yang terlihat lapuk, didampingi istrinya, Jill, dan bersumpah untuk "membela dan mempertahankan konstitusi Amerika Serikat terhadap semua musuh, baik dari luas maupun dalam negeri."

Seremoni sederhana di pagi hari itu dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Sonya Sotomayor dan dihadiri sejumlah anggota keluarga besar Biden.

Obama juga akan diambil sumpahnya pada Minggu pagi waktu AS ini juga di Gedung Putih untuk setia kepada konstitusi negara, tepat tengah hari tanggal 20 Januari yang mengakhiri masa jabatan pertamanya.

Berdasarkan tradisi jika tanggal pengambilan sumpah berlangsung hari Minggu, maka Obama akan mengulangi pembacaan sumpahnya dalam seremoni publik Senin esok, demikian AFP.

Dia juga akan menyampaikan pidato kenegaraan kepada rakyat Amerika dan dunia, di luar gedung Capitol.

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013