Saya tadi terakhir pesan baju di sini, saya tunggu nanti mungkin nggak tahu sebulan lagi jadi. (Pesan) baju putih ini, tadi saya lihat desain-desain bajunya, fesyen untuk bajunya saya lihat bagus-bagus, saya pesan juga jadinya
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo memesan pakaian yang dibuat oleh dua orang siswi SMKN 4 Kota Jambi, Provinsi Jambi, saat meninjau kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut.

Saat meninjau kelas tata busana, Presiden tertarik dibuatkan pakaian untuk segera dikirimkan ke Istana Negara, Jakarta. Menurut Presiden, desain pakaian yang dibuat oleh siswa-siswi terlihat bagus.

"Saya tadi terakhir pesan baju di sini, saya tunggu nanti mungkin nggak tahu sebulan lagi jadi. (Pesan) baju putih ini, tadi saya lihat desain-desain bajunya, fesyen untuk bajunya saya lihat bagus-bagus, saya pesan juga jadinya," kata Presiden dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Presiden melihat aktivitas siswa dan siswi yang sedang mengikuti kegiatan pembelajaran.

Presiden pun datang secara mendadak tanpa pemberitahuan untuk datang ke SMKN 4 Kota Jambi.

Di SMK yang memiliki program keahlian kuliner, perhotelan, busana, tata kecantikan dan spa ini, Presiden melihat langsung siswa-siswa yang sedang melaksanakan praktikum.

"Ini memang SMK yang menurut saya yang sangat baik, praktik anak-anaknya untuk membuat kue, praktik make up wajah, praktik untuk fesyen menjahit baju, kemudian praktik sablon," kata dia.

Kepala Negara menilai bahwa sarana yang dimiliki untuk menunjang kegiatan belajar mengajar sudah komplit dan baik.

Ketika bertemu dengan siswa tata busana, Presiden memuji keahlian para siswa yang sudah bisa membuat gaun pesta.

"Coba saya, buatkan pakaian ya. Ayo ukur," kata Presiden.

Dua orang siswa yang berada di sana pun segera mendekat untuk mengukur pakaian Presiden. Tampak keduanya agak grogi saat melakukan pengukuran.

Presiden lantas meminta para siswa untuk membuat satu baju dan dikirim ke Istana Negara. Jika sesuai, Presiden meminta dibuatkan lagi.

"Ini buat membeli bahannya ya," tambah Presiden sambil memberikan amplop.

Presiden juga bertemu siswa jurusan tata boga. Ia pun menanyakan ketertarikan siswa mendirikan usaha toko roti sendiri. Hampir serempak semua siswa menyampaikan ketertarikannya.

Presiden juga memuji kelengkapan alat-alat praktikum dan cara kerja siswa dalam membuat kue. Sebelum meninggalkan ruangan tersebut, seorang siswa kelas 11, Saskia berteriak untuk meminta foto dengan Presiden.

”Pak, maaf Pak, boleh selfie enggak?” teriak Saskia.

Presiden pun mengiyakan permintaan Saskia dengan berputar ke dalam kelas untuk berswafoto bersama siswa.

Setelah mengunjungi dan berkeliling melihat praktik di semua program keahlian selama 45 menit, Presiden meninggalkan SMK tersebut untuk melanjutkan kunjungan kerja.

Turut mendampingi Presiden pada peninjauan tersebut yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jambi Al Haris, dan Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

Baca juga: Pemerintah pusat mulai perbaiki jalan rusak di Jambi Juli-Agustus

Baca juga: Presiden Jokowi audiensi dengan Paguyuban Marga Tionghoa

Baca juga: Presiden tugaskan Luhut ketuai satgas percepatan investasi di IKN

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023