T. Ananda Krishnan
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Pemilik perusahaan telekomunikasi Maxis dan Astro, T. Ananda Krishnan menjadi orang terkaya di Malaysia berdasar survei sebuah harian berbahasa China, dengan kekayaan mencapai 30,56 miliar ringgit (Rp97 triliun), melampaui aset kekayaan "Raja Gula" Tan Sri Robert Kuok.

Aset kekayaan Ananda melonjak setelah saham Astro Malaysia Holdings Bhd dicatatkan di bursa Malaysia pada 2012, demikian dilaporkan media lokal terbitan Kuala Lumpur, Senin.

Berdasar survei harian Nanyang Siang Pau, Kuok yang memiliki investasi di sektor perhotelan dan resort, perkebunan serta perkapalan menduduki posisi kedua dengan nilai kekayaan 29,4 miliar ringgit.

Pada 2012, Kuok dinobatkan menjadi orang terkaya di Malaysia berdasar ranking majalah Malaysian Business dengan nilai kekayaan 45,7 miliar ringgit, namun jumlah kekayaannya tersebut menyusut sebanyak 16,3 miliar pada tahun ini.

Sementara itu posisi ketiga diduduki oleh tokoh perbankan dari Public Bank Tan Sri Teh Hong Piow dengan nilai aset 15,1 miliar ringgit.

Nama-nama lain yang masuk dalam daftar 10 orang terkaya di Malaysia adalah Tan ri Lee Shin Chen (IOI Group), Tan Sri Lim Kok Thay (Genting Group), Tan Sri Quek Leng Chan (Hong Leong Group), Tan Sri Dr Yeoh Tiong Lay (YTL Corporation), Tan Sri Syed Mokhtar Al-Bukhary (Yayasan Al-Bukhary), Tan Sri Azman Hashim (Kumpulan AmBank), dan Tan Sri Lee Oi Hian (Batu Kawan Bhd).

Menurut survei tersebut, jumlah nilai kekayaan sepuluh hartawan tersebut mencapai 41,35 miliar ringgit.

Dari 10 daftar nama orang terkaya di Malaysia tersebut, warga keturunan China masih mendominasi dengan total jumlah kekayaan 97,47 miliar ringgit, diikuti keturunan India dengan total kekayaan 30,56 miliar ringgit dan Melayu dengan kekayaan 13,32 miliar ringgit.

(N004)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013