Dari program itu kami tidak hanya membantu pemerintah untuk menekan emisi karbon dan mengembalikan produktivitas lahan kritis...
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan pelat merah PT Pupuk Kalimantan Timur atau Pupuk Kaltim menyalurkan 10.000 bibit mangrove untuk ditanam di seluruh area pusat konservasi mangrove di Kota Bontang, Kalimantan Timur.
 
Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman mengatakan penyaluran puluhan ribu bibit mangrove itu  untuk program penanaman mangrove nasional yang digalakkan oleh TNI sebagai bentuk kontribusi dalam penyelamatan kawasan pesisir dan pelestarian lingkungan hidup dari ancaman abrasi maupun perubahan iklim.
 
"Kami menggandeng TNI untuk perluasan Program Community Forest di sejumlah wilayah," ujarnya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.
 
Hal itu sebagai implementasi prinsip Environment, Social, dan Governance (ESG) serta Program Community Forest dengan target penanaman 10 juta pohon hingga tahun 2030 yang terdiri dari 6 juta mangrove untuk merehabilitasi kawasan pesisir dan 4 juta penanaman bibit pohon berbagai jenis hingga buah-buahan.
 
Qomaruzzaman menuturkan Program Community Forest untuk mendukung program pemerintah dalam penurunan emisi karbon dan menjaga keberlanjutan lingkungan sekaligus menekan emisi gas rumah kaca dengan target sebesar 26 persen.

Baca juga: Presiden Jokowi "nyemplung" untuk tanam mangrove
 
Community Forest juga mengajak peran masyarakat untuk mendapatkan manfaat mulai dari sisi produktivitas lahan maupun kesejahteraan. Program tersebut, lanjutnya, menyasar lahan tidur maupun lahan kritis milik masyarakat untuk dimanfaatkan agar kembali produktif dengan penanaman berbagai jenis pohon dan komoditas.
 
"Dari program itu kami tidak hanya membantu pemerintah untuk menekan emisi karbon dan mengembalikan produktivitas lahan kritis, tapi juga memberikan dampak langsung terhadap kesejahteraan karena hasil komoditas yang ditanam bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Qomaruzzaman.
 
Lebih lanjut dia menegaskan bahwa Pupuk Kaltim terus memperkuat sinergi dan kolaborasi multi pihak dalam upaya mendorong dekarbonisasi dan pelestarian lingkungan hidup guna pencapaian target NDC.
 
"Hal inilah yang menjadi dasar kami untuk senantiasa terlibat dalam aksi penyelamatan dan pelestarian lingkungan, seperti penanaman mangrove nasional oleh TNI," katanya.
 
Kepala Staf Kodim 0908 Bontang Mayor Infanteri Masrukan mengatakan program penanaman mangrove nasional merupakan wujud bakti TNI dalam mendukung ekosistem perairan yang memberikan manfaat bagi lingkungan hidup, salah satunya pencegahan abrasi pantai hingga dampak multiguna bagi perekonomian masyarakat.

Baca juga: Presiden Jokowi apresiasi TNI tanam mangrove serentak di 37 provinsi
Baca juga: Panglima tegaskan penanaman mangrove bermanfaat untuk aspek pertahanan

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023