Seoul (ANTARA) - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Rabu mengatakan negaranya siap untuk bermitra dengan Korea Selatan pada proyek mineral kritis dan energi bersih, serta untuk menangkis ancaman nuklir dan rudal Korea Utara.

Ketika berbicara di hadapan parlemen Korea Selatan, Trudeau menyatakan Kanada berkomitmen meningkatkan hubungan militer untuk memitigasi ancaman keamanan di kawasan sambil terus bekerja bersama Korea Selatan dalam upaya denuklirisasi Korea Utara.

"Kanada siap untuk memperkuat kemitraan dengan negara sahabat seperti Korea (Selatan) dalam segala hal, mulai dari mineral kritis, inovasi teknologi canggih, sampai solusi energi bersih," katanya.

Menurut Trudeau, isu-isu tersebut akan menjadi inti pembahasan dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol pada Rabu yang akan diikuti dengan konferensi pers dan acara makan malam.

Trudeau tiba di Seoul pada Selasa, dan itu merupakan adalah kunjungan pertama pemimpin Kanada ke Korea Selatan dalam sembilan tahun terakhir.

Kanada dan Korea Selatan berupaya meningkatkan kerja sama di bidang keamanan dan mineral kritis yang digunakan untuk kendaraan listrik.

Yoon dan Trudeau akan menandatangani perjanjian terkait rantai pasokan mineral penting, konversi energi bersih dan kerja sama keamanan energi, kata pejabat pemerintah Korea Selatan.

Baca juga: Kanada dan Korsel jajaki perjanjian berbagi informasi intelijen

Kedua negara yang tahun ini akan merayakan 60 tahun hubungan diplomatik itu juga menjajaki langkah-langkah untuk memperluas hubungan keamanan, termasuk dalam berbagi data intelijen, selagi mengatasi persaingan antara Amerika Serikat dan China.

Trudeau mengatakan stabilitas di Indo-Pasifik dan Pasifik Utara adalah sesuatu yang penting untuk keamanan global.

Ia juga mendesak Korea Utara untuk meninggalkan program-program senjatanya dan membuka kembali pembicaraan terkait denuklirisasi.

"Kanada berkomitmen untuk meningkatkan bukan hanya perdagangan, tetapi juga hubungan militer kami (dengan Korsel) sebagai upaya memitigasi ancaman terhadap keamanan di kawasan," katanya.

"Kami akan terus meminta Korea Utara untuk kembali ke dialog dan diplomasi," lanjutnya.

Trudeau pun berjanji mendukung upaya mewujudkan "Semenanjung Korea yang tanpa nuklir, damai dan makmur."

Sumber: Reuters

Baca juga: Kanada siapkan kerangka kerja empat arah dengan Jepang, Korsel, dan AS

Baca juga: Jepang, AS, empat negara lain kutuk peluncuran rudal Korut

Penerjemah: Raka Adji
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023