Ini jelas-jelas pukulan besar bagi klub-klub Liga Primer. Raksasa Jerman akhirnya menang
Munchen (ANTARA News) - Pengumuman mengenai pemilihan Pep Guardiola menjadi pelatih Bayern Munchen mendulang reaksi dari sejumlah media internasional. Berbagai analisis dan pemberitaan bertajuk "Kaiser Pep Guardiola" menyesaki sejumlah media sejagat.

Reaksi utama datang dari Spanyol yang menyebut bahwa langkah mantan pelatih Barcelona itu sungguh membanggakan hati, meski media Inggris menyoroti sebagai pukulan besar bagi gengsi Liga Primer Inggris, sebagaimana dikutip dari laman FC Bayern Munchen.

Spanyol:

El Pais: "Sukses untuk Bundesliga! Pep Guardiola bakal menjadi Kaiser sepak bola Jerman. Bayern tampil sebagai klub tersukses, klub terkaya, dan dicintai para penggemarnya."

ABC: "Pep telah melewati batas Jerman. Ia telah meneken kontrak bersama Bayern. Ia menjadi pelatih Spanyol pertama yang berlaga di klub Bundesliga."

El Mundo: "Bayern menjatuhkan bom pada Rabu pekan lalu, sebuah kejutan: Guardiola telah memilih jalan, dan media tak akan pernah mengusiknya lagi.     

Sport: "Reputasi Bayern menjadi kuncinya"

AS: "Kejutan. Pep Guardiola menolak Liga Primer dan memilih gabung ke FC Bayern."

Inggris:

The Sun: "Selamat tinggal, Pep! Guardiola menghina klub-klub Liga Primer dan bergabung dengan raksasa Bundesliga Bayern."

Daily Mail: "Selamat tinggal, Pep! Chelsea menerima hinaan. Guardiola menjadi pelatih yang paling dicari di seluruh jagat ini. Ia telah menjalin kontrak selama tiga tahun dengan Bayern. Ini jelas-jelas pukulan besar bagi klub-klub Liga Primer. Raksasa Jerman akhirnya menang."

Guardian: "Elite sepak bola Liga Primer terpukul setelah mendengar warta mengenai Pep Guardiola. Warta ini menutup aneka spekulasi bahwa ia memilih pindah ke Inggris, karena kenyataannya ia menjadi manajer Bayern Munich."

The Times: "Pep Guardiola, pelatih yang paling dicari dan diincar, akhirnya menangani Bayern di musim depan. Warta ini jelas-jelas pukulan telak bagi Chelsea dan Manchester City, karena kedua klub ini berharap dapat memboyong pelatih berusia 41 tahun itu ke Liga Primer."

Italia:

Gazzetta dello Sport: "Kaiser Pep. Klub Bavaria telah manjatuhkan bom di awal tahun. Bayern bersiap menjalani kompetisi. Bundesliga akan menjadi makin konclong dengan kedatangan pelatih ternama berkelas dunia."

Corriere dello Sport: "Pep membuat kejutan. Setiap orang dapat saja terkesima dengan penampilan elite sepak bola di Liga Primer, tetapi ia telah memilih jalan di luar dugaan banyak orang."

Corriere della Sera: "Tuan Pep! Sekarang kami baru tahu bahwa Guardiola adalah pelatih terbaik dunia. Ternyata bukan hanya Barcelona, sekarang giliran Bayern."
(A024)

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013