Banda Aceh (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Aceh Tengah memamerkan produk unggulan yang dimiliki daerah dataran tinggi Gayo itu di ajang Gerakan Melayu Serumpun (Gemes) ke IV program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Medan, Sumatera Utara.

“Kita turut memamerkan kerajinan kerawang khas Gayo dan tentunya kopi sebagai komoditas unggulan dari dataran tinggi Tanoh Gayo," kata Pj Kepala Dekranasda Aceh Tengah Novita Mirzuan di Aceh Tengah, Rabu.

Novita menjelaskan, keikutsertaan Dekranasda Aceh Tengah pada ajang tingkat nasional itu bertujuan untuk lebih memperkenalkan Aceh Tengah sebagai daerah kunjungan wisata.

"Dekransda Aceh Tengah memberi ruang bagi setiap perajin menampilkan produk-produk unggulan sekaligus ajang promosi,” ujarnya.

Saat ini, menurut Novita, industri pariwisata dan produk kerajinan di Aceh Tengah telah berkembang pesat, namun masih perlu adanya peningkatan di berbagai bidang termasuk promosi.

Gerakan Melayu Serumpun merupakan kegiatan industri nusantara yang menjadi program Kemenparekraf RI. Kegiatan ini turut dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma'ruf Amin.

"Sejauh ini industri kerajinan dan pariwisata di Kabupaten Aceh Tengah telah berjalan dengan baik. Namun masih perlu ada peningkatan dari segi produksi maupun kualitasnya, manajemen, serta keuangan nya," ujarnya.

Baca juga: Dekranasda siapkan tenun Manggarai Barat untuk 11 kepala negara ASEAN

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023