kegiatan Latsitardanus XLIII dibagi dua yaitu fisik dan non fisik
Padang (ANTARA) - Peserta Latihan Integritas Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIII akan merehabilitasi puluhan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) selama kegiatan 19 Mei sampai 8 Juni 2023 di Sumatera Barat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbar, Hansastri di Padang, Rabu mengatakan rehabilitasi dan perbaikan akan dilakukan terhadap 25 unit RTLH yang tersebar pada empat kabupaten dan kota.

"Sasaran kegiatan Latsitardanus XLIII dibagi dua yaitu fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik salah satunya adalah rehabilitasi RTLH," katanya.

Ia menyebut berdasarkan usulan daerah, kegiatan rehabilitasi akan dilakukan di Kabupaten Pesisir Selatan (4 rumah), Pasaman (13 rumah), Kota Solok (6 rumah) dan Pariaman.

"Daerah sasaran Latsitardanus XLIII di Sumbar sebenarnya ada lima daerah. Namun untuk Kota Padang sasaran fisik difokuskan pada kegiatan lain yang lebih besar manfaat untuk masyarakat banyak," katanya.

Baca juga: Warga Sumbar dihibur marching band dan "openship" saat Latsitardanus
Baca juga: 1.200 taruna laksanakan Latsitardanus di Lombok


Selain rehabilitasi RTLH kegiatan fisik juga diarahkan untuk pembangunan jalan, perbaikan jembatan dan perbaikan saluran air serta irigasi.

Sementara itu peserta Latsitardanus XLIII telah sampai di Sumatera Barat menggunakan dua kapal TNI yaitu KRI Banda Aceh dan KRI Surabaya.

Sebanyak 1.300 peserta melakukan gladi resik pembukaan Latsitardanus di halaman Istana Gubernuran Sumbar.

Latsitardanus merupakan kegiatan integrasi yang dilaksanakan setahun sekali pada akhir pendidikan oleh taruna tingkat IV (akhir) Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Akademi Kepolisian, sebelum mereka dilantik menjadi seorang perwira TNI dan Polri. Kegiatan itu juga diintegrasikan dengan IPDN dan mahasiswa UNP.

Penempatan pelaksanaan kegiatan terdiri dari Kompi BS/Kijang di Kota Padang, Yontarlat II/HIU di Kota Pariaman yang tersebar pada empat Kecamatan 55 Nagari atau Desa.

Kemudian, Yontarlat III/Elang di Kabupaten Pasaman tersebar pada 12 kecamatan 62 nagari. Untuk Yontarlat IV/Kijang di Kota Solok dengan 2 kecamatan 13 nagari. Untuk Yontarlat 1/Macan di Pesisir Selatan dengan 15 kecamatan 182 nagari.

Baca juga: Taruna Latsitardanus bersama masyarakat renovasi gereja dan masjid
Baca juga: Panglima TNI: Latsitardanus mantapkan kemanunggalan TNI-Polri

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023