Moskow (ANTARA) - Rusia mengonfirmasi bahwa kesepakatan ekspor biji-bijian, yang secara resmi dikenal sebagai Inisiatif Biji-bijian Laut Hitam, diperpanjang selama dua bulan pada Rabu (17/5), sehari sebelum kesepakatan tersebut berakhir masa berlakunya.

"Dengan demikian, ada peluang, bukan dalam bentuk kata-kata melainkan tindakan, untuk membantu menjamin ketahanan pangan global," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova dalam konferensi pers mingguan.

Zakharova menjelaskan penilaian mendasar Rusia terhadap perjanjian Istanbul 2022 tidak berubah dan ketidaksesuaian dalam implementasinya harus diperbaiki secepatnya.

Pada Juli 2022, Rusia dan Ukraina secara terpisah menandatangani sebuah dokumen di Istanbul bersama Turkiye dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait ekspor biji-bijian dan pupuk dari Ukraina dan Rusia guna menjamin pasokan ke pasar global di tengah krisis Ukraina.

Durasi awal kesepakatan ini adalah 120 hari, tetapi kemudian diperpanjang selama 120 hari pada November 2022 dan 60 hari pada Maret 2023.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023