Jakarta (ANTARA) - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyusupkan mesin tiga silinder 1.200cc untuk kendaraan Low Cost Green Car (LCGC) mereka, yakni Daihatsu All New Ayla, yang sebelumnya menggunakan mesin 1.200 cc empat silinder.

Penggunaan mesin tiga silinder untuk Ayla baru ini sudah dipikirkan matang-matang oleh pihak pabrikan. Alasan performa menjadi yang utama digunakannya tiga silinder untuk Daihatsu All New Ayla.

"Dengan menggunakan mesin tiga silinder ini, kami akan menyasar driving comfort, driving performance dan juga yang penting adalah efisien bahan bakarnya," kata Product Planning Division HeadAstra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosadi di sela-sela acara media test drive di Yogyakarta, beberapa waktu yang lalu.

Menurut dia, efisiensi bahan bakar akan tercapai ketika menggunakan mesin tersebut dikarenakan bobot mesin tiga silinder ini memiliki ukuran dan juga berat yang ringkas dan juga kompak.

"Dengan menggunakan mesin yang baru ini, Ayla juga memiliki respons yang cukup baik dan dapat mempertahankan tenaganya pada puncaknya," ujar dia.

Penantang Honda Brio ini memiliki mesin berkapasitas 1.198 cc dengan kode WA-VE, DOHC, Dual VVT-i. Dengan penyempurnaan itu, Daihatsu mencatat bahwa kendaraan ini memiliki tenaga sebesar 88 PS (86,7 dk) pada rentang 6.000 rpm serta torsi maksimumnya mencapai 113 Nm pada rentang 4.500 rpm.

Menggunakan mesin tiga silinder ini memiliki tantangan tersendiri, terlebih dari segi getaran. Untuk All New Ayla, hal itu bisa diredam dengan baik dan getaran yang dirasakan memang masih bisa ditoleransi.
Daihatsu All New Ayla pada saat sesi media test drive di Yogyakarta, 11 sampai 13 Mei 2023. (ANTARA/Chairul Rohman)

Getaran yang tidak terlalu terasa ini disebabkan, insinyur yang merumuskan Ayla telah memberikan berbagai peredam di berbagai sisi. Sehingga, memberikan hasil yang cukup efektif untuk mengatur getaran yang biasanya sangat terasa pada bagian setir kemudi.

Uji coba Daihatsu All New Ayla ini dimulai pada 11 sampai dengan 13 Mei 2023 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Selama tiga hari tersebut, tim ANTARA merasakan keseluruhan kendaraan LCGC itu.

Pengalaman itu, mulai dari menjadi penumpang di bagian depan, belakang dan juga mengemudikan kendaraan tersebut di berbagai kontur jalan yang tersaji. Pada hari pertama, perjalanan dimulai menuju Kopi Jolotundo, sebuah tempat makan dengan konsep alam yang berlokasi di Kulon Progo untuk menikmati kuliner serta pemandangan persawahan yang membentang ditambah suasana yang masih kental dengan perdesaan yang asri, sejuk, dan menyenangkan.

Setelah puas di kawasan Kopi Jolotundo, sebanyak delapan unit All New Astra Daihatsu Ayla varian 1.2 R CVT ADS yang digunakan, langsung bertolak ke Karang Pramuka yang berlokasi di Kaliurang.

Pada saat ini, para rombongan disajikan dengan jalan yang menanjak sekaligus membuktikan bahwa kendaraan ini sanggup melintasi berbagai kondisi jalan yang menanjak di jalur tersebut dan fitur hill start assist (HSA) menunjukkan kinerja yang cukup positif pada saat mobil sempat terhenti di tanjakan yang curam.

Begitu juga pada saat arah balik. Para peserta disajikan dengan jalan menurun yang beragam, mulai dari kondisi jalur menurun yang biasa hingga yang cukup ekstrem. Mengarahkan tuas transmisi ke arah B, menjadi solusi yang terbaik untuk membantu kerja pengereman.

"B itu artinya brake dalam istilah transmisi. Turunan terjal pakai B lebih aman, dan efektif mobil tidak meluncur bebas," ucap dia.

Selama perjalanan, All New Astra Daihatsu Ayla 1.2L WA-VE DOHC Dual VVT-i mampu memberikan akselerasi responsif dan bertenaga di RPM rendah sekalipun, ditambah dengan transmisi dual mode continuously variable transmission (D-CVT)
Daihatsu All New Ayla pada saat sesi media test drive di Yogyakarta, 11 sampai 13 Mei 2023. (ANTARA/Chairul Rohman)

membuat akselerasi kendaraan lebih halus, dan bahan bakar yang efisien.

Secara keseluruhan, baik dari segi desain dan juga performa, memuaskan pada saat digunakan. Sebuah produk dihadirkan tidak dalam kondisi yang sempurna, terdapat beberapa catatan yang membuat pengguna merasa kurang nyaman.

Kendaraan yang diproduksi untuk keluarga muda, masih belum memiliki fitur ISOFIX pada bangku penumpang baris kedua. Selain itu, head rest yang terasa minim ini juga memberikan posisi duduk yang kurang nyaman untuk penumpang dewasa ketika berada di baris kedua.

Meski Daihatsu membantahnya dengan alasan keinginan dari konsumen seusai dengan hasil survei, rasa yang kurang nyaman pada saat berada di bangku penumpang belakang tidak bisa terelakkan. Hal itu dirasakan hampir semua peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.


Interior

Selama perjalanan tiga hari mengitari Kota Yogyakarta, para penumpang dan pengemudi yang berada di dalam tidak merasa jenuh berkat hadirnya fitur touchscreen Audio 7’ inch yang modern dan sudah dapat terkoneksi dengan smartphone.
Daihatsu All New Ayla pada saat sesi media test drive di Yogyakarta, 11 sampai 13 Mei 2023. (ANTARA/Chairul Rohman)

​​​​​​​Mobil yang banyak diburu oleh kalangan first buyer ini memiliki peredaman yang cukup baik dari segala sisinya. Pada saat turun dari kawasan wisata Kali Urang, hujan turun cukup deras dan mobil ini mampu meredam kebisingan suara hujan yang cukup deras.

Sehingga, hal tersebut menambah nilai lebih bagi para penumpang dan juga pengemudi yang mengendarai kendaraan yang sudah menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture), dan teknologi suspensi yang baru.​​​​​​​

Saat ini, Daihatus All New Ayla hadir dengan sembilan varian All New Ayla yaitu 1.0 M MT di harga Rp134 juta, 1.0 X MT Rp146,9 juta (1.0 X MT), 1.0 X CVT Rp166,9, 1.2 RMT Rp164 juta, 1.2 R CVT Rp184 juta, 1.2 R ADS MT Rp169,9 juta, 1.2 R ADS CVT Rp189,9 juta, 1.0 X ADS MT Rp152,8 juta dan 1.0 X ADS CVT Rp172,8 juta.

 

Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2023