Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional, Kamis (18/5) kemarin, mulai dari sejumlah lembaga survei merilis elektabilitas bakal calon presiden dan wakil presiden hingga pemilihan logo Ibu Kota Nusantara (IKN).

Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Indikator sebut elektabilitas Ganjar-Sandi unggul atas Prabowo-Erick

Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan, dalam simulasi tiga pasangan calon presiden/wakil presiden pada Pilpres 2024, pasangan Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno unggul atas pasangan Prabowo Subianto-Erick Thohir.

"Pak Ganjar dan Sandi jika dipasangkan mendapat elektabilitas tertinggi sebesar 38 persen, atau unggul dibandingkan pasangan lain," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan hasil survei Indikator Politik bertajuk Peta Elektoral Pasca-deklarasi Ganjar Pranowo sebagai Capres PDIP dan PPP secara daring, sebagaimana dipantau di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

2. Pemilih logo IKN sudah lebih 400 ribu orang

Jumlah pemilih logo Ibu Kota Nusantara (IKN) hingga Kamis ini sudah lebih dari 400 ribu orang, namun Otorita IKN masih tetap membuka kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi menentukan pilihan logo hingga 20 Mei ini.

"Kami mengajak masyarakat turut berpartisipasi dalam pemilihan logo baru IKN. Pemilihan logo ini berlangsung hingga Sabtu, 20 Mei 2023, saat ini sudah ada sebanyak 400 ribu lebih pemilih," ujar Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam rilis yang dikirim ke Samarinda, Kamis.

Selengkapnya di sini

3. MUI: Proses pemilihan umum harus disambut gembira

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan bahwa proses pemilihan umum serentak harus disambut secara gembira, guyub, aman, dan nyaman, bukan ketegangan yang dapat memecah belah bangsa.

"MUI mengharapkan di situasi persiapan pemilihan umum serentak seluruh Indonesia, mengharapkan guyub, rukun, aman, nyaman, gembira, dan riang," ujar Wakil Ketua Umum MUI Marsudi Syuhud dalam acara halalbihalal MUI di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

4. Ketua MPR ajak jadikan Harkitnas momentum bangkit bangun Indonesia

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajar seluruh masyarakat agar menjadikan peringatan Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2023 sebagai momentum untuk terus bangkit dalam membangun Indonesia.

"Hari Kebangkitan Nasional agar dijadikan sebuah momentum untuk terus bangkit (dalam membangun Indonesia) dan menjaga semangat berjuang, seperti dalam meraih kemerdekaan," kata Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

5. IndoStrategi: Elektabilitas Erick Thohir duduki posisi teratas

Hasil survei IndoStrategi Research and Consulting periode 1-10 Mei 2023 menunjukkan elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir menduduki posisi teratas sebagai calon wakil presiden (cawapres) dengan capaian sebesar 17,4 persen.

"Responden diberi pertanyaan terbuka, yaitu jika pemilihan presiden dilaksanakan hari ini, siapa dari tokoh berikut yang akan mereka pilih menjadi wakil Presiden. Nama Menteri BUMN Erick Thohir menduduki posisi teratas," kata Direktur IndoStrategi Arif Nurul Imam dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023