Beijing (ANTARA) - Harga grosir produk-produk pertanian China turun pada pekan yang dimulai dari 5 Mei dan berakhir pada 11 Mei, demikian publikasi data dari Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan negara itu.

Selama periode tersebut, indeks harga grosir produk-produk pertanian China berada di angka 124,53, turun 0,44 poin secara mingguan dan turun 3,15 poin dari periode yang sama tahun lalu, menurut kementerian itu.

Harga grosir rata-rata daging babi, yang merupakan daging konsumsi pokok di China, turun 0,6 persen secara mingguan ke angka 19,56 yuan (1 yuan = Rp2.120) atau sekitar 2,8 dolar AS (1 dolar AS = Rp14.917) per kilogram. Harga itu turun 2,4 persen secara tahunan (year on year/yoy), ungkap data tersebut.

Harga grosir rata-rata 19 sayuran utama yang didata oleh pemerintah naik tipis 0,5 persen dari pekan sebelumnya, sedangkan harga grosir rata-rata dari enam jenis buah-buahan utama naik 2,3 persen secara mingguan.

Indeks harga grosir disusun berdasarkan data yang dikumpulkan dari 200 lebih pasar grosir pertanian. Data ini diperbarui setiap hari berdasarkan rata-rata tertimbang dari indeks harga untuk berbagai barang, termasuk sayuran, buah-buahan, produk akuatik, dan produk ternak.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023