Saya berharap kepada para calon jamaah haji sesampai di Tanah Suci agar doa-doanya di ijabah Allah subhanahu wa ta ala(SWT) dalam menjalankan ibadah hajinya
Makassar (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Dr Husain Syam, MTP IPU ASEAN Eng, melepas sebanyak 20 jamaah calon haji (JCH) UNM secara hikmat di Gedung Menara Pinisi Lantai 7, Makassar, Jumat.

Rektor dalam sambutannya mengatakan pelepasan JCH UNM ini rutin dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan doa kepada para calon jemaah haji dari keluarga besar lingkup UNM.

“Saya berharap kepada para calon jamaah haji sesampai di Tanah Suci agar doa-doanya di ijabah Allah subhanahu wa ta ala(SWT) dalam menjalankan ibadah hajinya, untuk itu sebagai keluarga besar yang mendapat undangan kita berharap bisa menitipkan doa yang baik semoga UNM bisa semakin membaik,” katanya.

Rektor jbuga menyampaikan selamat, dan berpesan kepada calon jamaah haji UNM, untuk mempersiapkan diri dengan baik agar selama menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekkah diberikan kemudahan, kesehatan dalam menjalankan ibadah haji. "Kami semua saling meminta maaf selama proses interaksi, kami memohon maaf dan berharap bapak ibu dilancarkan ibadah hajinya dan mendapatkan haji yang mabrur dan kembali ke tanah air dalam sehat wal’afiat," kata Husain Syam.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel Khaeroni menginstruksikan JCH untuk mengurangi barang bawaan, mengurangi aktivitas fisik yang dapat menguras tenaga dan juga mengurangi aktivitas media sosial seperti Facebook, Instagram dan Tiktok yang justru dapat mengganggu dan merusak konsentrasi jamaah dalam beribadah selama berada di Tanah Suci.

Selain itu, ia menyebutkan tahun ini ada 364 jemaah lanjut usia di Sulsel dan perlu penanganan khusus. Oleh karena itu, tagline haji tahun ini adalah Haji Ramah Lansia.

Dipesankan juga mulai saat ini jemaah haji harus menjaga kondisi fisik karena haji adalah ibadah fisik yang membutuhkan stamina lebih, dan sesampainya di Tanah Suci, manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk beribadah, demikian Khaeroni.

Baca juga: Rektor UNM tidak menoleransi pihak-pihak yang dirugikan dalam pelaksanaan UTBK-SNBT

Baca juga: Rektor Kementerian Sulsel mengajak JCH untuk tidak banyak selfie di Mekkah

Baca juga: Mahasiswa UNM memanfaatkan Alquran untuk terapi WBP Rutan Makassar

Baca juga: 348 Calon Haji Jeneponto-Sulsel mengikuti Bimbingan Manasik Haji 2023


Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023