Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2023 sepatutnya menjadi momentum yang mendorong generasi muda bangkit memajukan Indonesia.

"Semangat untuk bangkit generasi penerus bangsa harus terus didorong melalui berbagai cara dalam upaya mengisi kemerdekaan dalam pembangunan di sejumlah sektor," kata Lestari dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dia pun mengingatkan generasi muda sebagai generasi penerus bangsa harus benar-benar memahami latar belakang kemunculan peristiwa kebangkitan nasional pada 1908 silam yang sepenuhnya diinisiasi oleh para pemuda di masa itu.

Baca juga: PSSI: Piala Dunia U-20 2023 mulai tepat Harkitnas sampai 11 Juni

Berikutnya, dia menambahkan di tengah banyaknya perubahan pada berbagai sektor kehidupan, seluruh elemen bangsa terutama anak muda yang tergolong dalam kelompok penduduk berusia produktif itu harus mampu berperan aktif dalam menaklukkan berbagai perubahan sekaligus mengoptimalkan pembangunan.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahun 2022, tercatat 69,3 persen dari populasi penduduk Indonesia berusia produktif.

Saat ini, tambahnya, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM), terdapat 70 persen anak muda Indonesia yang ingin menjadi pebisnis.

Baca juga: Peringati Harkitnas, ini rekomendasi tontonan bertema perjuangan

Potensi itu harus dimanfaatkan untuk bangkit mengejar ketertinggalan jumlah wirausaha di Indonesia yang baru mencapai 3,47 persen. Padahal, katanya, negara maju memiliki rasio kewirausahaan sebesar 12 persen.

Lestari menambahkan banyak pula potensi di sektor-sektor pembangunan yang bisa dimanfaatkan untuk kebangkitan Indonesia menjadi negara lebih baik dan maju.

"Dibutuhkan komitmen kuat seluruh anak bangsa untuk mewujudkan semangat kebangkitan nasional di berbagai bidang di tengah proses pembangunan yang menghadapi berbagai tantangan," ujar Lestari.

Peringatan Harkitnas, yang tahun diperingati pada Sabtu (20/5), mengangkat tema "Semangat untuk Bangkit" untuk mendorong bangsa Indonesia melaksanakan nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk menuju masa depan Indonesia lebih baik.

Baca juga: Ketua MPR ajak jadikan Harkitnas momentum bangkit bangun Indonesia 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023