Jakarta (ANTARA) - Disney+ Hotstar membagikan sejumlah rekomendasi film bertema perjuangan yang dapat dijadikan pilihan tontonan untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) pada 20 Mei 2023.

Film yang menarik ditonton memiliki berbagai tema, mulai dari film tentang sosok pahlawan pergerakan nasional hingga kisah perjuangan menggapai cita-cita di masa kini. Berikut rekomendasi filmnya, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta pada Jumat.

1. "Laskar Pelangi" (2008) - perjuangan mengejar angan dan cita-cita masa depan

Film itu mengikuti kisah tentang kehidupan 10 murid sekolah SD Muhammadiyah Gantung. Mereka berusaha untuk mewujudkan mimpi terlepas dari beragam rintangan yang harus dihadapi.

Diangkat dari novel terlaris karya Andrea Hirata dengan judul sama, "Laskar Pelangi" disutradarai oleh Riri Riza serta diproduksi oleh Miles Films.

2. "Sokola Rimba" (2013) - perjuangan membawa pendidikan yang merata

Film "Sokola Rimba" diangkat berdasarkan kisah nyata Butet Manurung (diperankan oleh Prisia Nasution). Dia bertekad untuk memperkenalkan Suku Anak Dalam pada pendidikan.

Suatu hari, Butet bertemu dengan seorang anak bernama Bungo yang rela berjalan selama 7 jam demi melihat perempuan itu mengajar cara membaca. Akan tetapi, niat Butet ditentang oleh kelompok Bungo.

Baca juga: Cerita di balik boneka Barbie versi Butet Manurung

3. "Cahaya dari Timur: Beta Maluku" (2014) - perjuangan mencapai kebersamaan

Film itu menceritakan perjuangan Sani Tawainella (diperankan oleh Chicco Jerikho), seorang mantan pemain sepak bola yang beralih profesi menjadi tukang ojek. Sani melatih anak-anak bermain bola agar dapat menjadi pemain profesional di tengah konflik yang sedang melanda Ambon.

Ketika konflik Ambon mereda, Sani mendapat kesempatan untuk membawa timnya ke Jakarta. Namun, dia kembali dihadapkan dengan perbedaan yang menjadi pemicu konflik.

Pada 2014, film "Cahaya dari Timur: Beta Maluku" dianugerahi penghargaan Festival Film Indonesia dalam kategori film terbaik.

4. "Guru Bangsa: Tjokroaminoto" (2015) - perjuangan melawan penjajah

Film drama biografi itu menawarkan kisah hidup Tjokroaminoto yang diperankan oleh Reza Rahadian. Dia merupakan keturunan bangsawan yang meninggalkan kehidupan mewahnya saat menyaksikan ketidakadilan yang dialami masyarakat di masa pemerintahan kolonial Belanda.

Tjokroaminoto pun memutuskan untuk berjuang bersama rakyat demi melawan penjajah.

5. Susi Susanti: Love All (2019) - perjuangan dan pengorbanan atlet

Kecintaan Susi Susanti (diperankan oleh Laura Basuki) terhadap bulu tangkis membawanya menjadi atlet kebanggaan Indonesia. Dia berhasil meraih berbagai pencapaian.

Akan tetapi, perjalanan yang dia lalui tidaklah mudah. Dinamika perjuangan dan pengorbanan yang dialami Susi Susanti dapat disimak dalam film "Susi Susanti: Love All".

Baca juga: Jadi nomine Piala Citra, Laura Basuki kenang rasanya jadi Susi Susanti

Baca juga: Pergerakan nasional tumbuh dari rumah HOS Tjokroaminoto

Baca juga: Delapan kisah pahlawan nasional yang diangkat ke film

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023