Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Batak Center, Ketua Umum, Sintong M. Tampubolon menyampaikan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menjadi pengingat generasi muda membangun semangat nasionalisme.

"Pada 20 Mei 1908 berdirilah perkumpulan Budi Utomo yang tujuannya untuk membangkitkan rasa persatuan untuk mencapai kemerdekaan. Peran pemuda Indonesia ketika itu mengedepankan semangat kebersamaan dalam keberagaman," kata Sintong dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat malam.

Ia mengatakan pada masa awal pergerakan nasional, perjuangan dilakukan melalui organisasi-organisasi yang dibentuk oleh golongan terpelajar, tidak hanya sebatas di bidang politik, melainkan di bidang sosial, pendidikan, dan agama.

Untuk itu, lanjutnya, dalam memperkuat NKRI perlu dipupuk semangat kebersamaan dalam keberagaman dan mengajak segenap komponen bangsa untuk tidak mengembangkan politik identitas, termasuk dalam kontestasi Pemilu dan Pemilukada 2024.

Lebih lanjut ia mengatakan terdapat lima arti penting nilai-nilai pendidikan dalam membangun nasionalisme pemuda Indonesia dalam mengisi kemerdekaan, mencerdaskan kehidupan bangsa, menggapai kesejahteraan, dan kemakmuran yang berkeadilan.

Baca juga: Mahfud MD ajak pemuda perkuat nasionalisme di Harkitnas ke-115

Pertama, merekonstruksi dan membangun nilai-nilai budaya Nusantara dalam mengembangkan pendidikan generasi muda Indonesia pada era globalisasi.

Kedua, merekonstruksi arti pentingnya karakter dan jati diri Bangsa Indonesia yang beraneka ragam dalam berbagai strata jenjang pendidikan dalam mengisi kemerdekaan menuju Indonesia Emas 2045.

Ketiga, mensosialisasikan karakter dan budaya Nusantara yang beraneka-ragam dalam menghadapi pesta demokrasi tahun 2023/2024 secara beradab, beradat, dan beretika.

Keempat, menjaga, merawat, dan mengembangkan kemajemukan dalam kehidupan bersama dan dalam hubungan dengan dunia luar.

"Secara khusus untuk Pemilu yang akan datang agar tetap menjaga Indonesia Raya yang majemuk sesuai dengan cita-cita dan tujuan nasional kita," kata Sintong.

Kelima, mendorong dan memotivasi generasi muda agar dalam proses ikut serta pada pesta demokrasi tahun 2023/2024 tetap menjaga persatuan Bangsa Indonesia.

Baca juga: Taman Siswa: Negara perlu hadir jaga sikap nasionalisme pemuda RI
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023