"Ini mengingat adanya kuota khusus bagi lansia sebanyak 36 orang. Petugas diharapkan memiliki semangat dan dedikasi ekstra dalam menjalankan tugas,"
Manokwari (ANTARA) - Kementerian Agama Provinsi Papua Barat kirim 13 petugas haji yang terdiri dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Kelompok Bimbingan Haji dan Umroh (KBIHU), dan petugas haji daerah (PHD) yang lulus seleksi di Papua Barat.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Papua Barat, Jems Luksen Mayor saat dihubungi dari Manokwari, Jumat mengatakan para petugas haji tersebut nantinya akan mendampingi serta melayani jamaah selama di tanah suci untuk menunaikan ibadah haji.

"Para petugas harus selalu siap untuk melayani jamaah yang berjumlah 723 orang dari Papua Barat atau sekitar 2 kloter," Kata Luksen, usai melepas petugas haji di Kota Sorong.

Kakanwil Kemenag Papua Barat ini juga menyampaikan, di tahun ini penyelenggaraan ibadah haji mengusung tema ramah lansia. Dimana, pemerintah menyediakan kuota khusus bagi lansia dari setiap daerah.

"Ini mengingat adanya kuota khusus bagi lansia sebanyak 36 orang. Petugas diharapkan memiliki semangat dan dedikasi ekstra dalam menjalankan tugas," pintanya.

Dia juga berpesan, petugas haji memiliki tanggung jawab sebagai duta Indonesia di Tanah Suci serta menjaga nama baik daerah. Sesampainya di Arab Saudi, para petugas juga diberikan tugas tambahan sebagai pemberi informasi terkait kondisi para jamaah.

"Hal ini penting untuk memenuhi keinginan masyarakat Papua Barat yang hendak mengetahui kondisi keluarga mereka di sana," ucapnya.

Mayor meminta agar informasi mengenai jamaah haji dari Papua Barat dapat dijadikan sebagai bagian penting dalam laporan media center haji di Jakarta.

"Kita harus pastikan bahwa informasi tidak hanya berkisar pada jamaah haji di Jawa dan Makassar tetapi sampai juga di Papua Barat," harapnya.
Baca juga: Kemenag Papua Barat: Pelunasan biaya haji reguler 2023 telah dibuka
Baca juga: 84 calon haji Papua Barat Daya ikut pembekalan manasik
Baca juga: Kemenag: Kuota haji Papua Barat dan Papua Barat Daya 723 orang

Pewarta: Tri Adi Santoso
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023