Jakarta (ANTARA) - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) RI TNI Angkatan Laut memimpin upacara serah terima jabatan Pangkoarmada III, Komandan Komando dan Latihan (Dankolat), dan Komandan Komando Penyelam dan Penyelamatan Bawah Air (Dankoppeba) Koarmada RI di Lapangan Arafuru, Mako Koarmada RI, Jakarta, Jumat.

Dalam upacara sertijab itu, Pangkoarmada RI Laksamana Madya (Laksdya) Herru Kusmanto memimpin pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas dari tiga pejabat baru di Koarmada RI itu.

Laksdya Herru, saat ditemui selepas upacara, memerintahkan para pejabat baru untuk segera menyiapkan pasukan berikut alutsistanya terutama untuk agenda-agenda latihan TNI AL pada 2023.

“Kami harapkan dengan patriot baru, komposisi perwira yang baru, tugas-tugas ke depan dapat kita laksanakan dengan baik, karena dalam waktu dekat ini kami sudah ditunggu, baik itu tugas untuk menyiapkan latihan PPRC (pasukan pemukul reaksi cepat), latihan Armada Jaya, dan juga latihan gabungan di tiga trouble spot. Kami juga harus mendukung MNEK (Multilateral Naval Exercise Komodo), dan kami juga harus mendukung gelar operasi yang diselenggarakan oleh Mabes TNI,” kata Laksdya Herru.

Posisi Pangkoarmada III saat ini resmi diisi oleh Laksamana Muda (Laksda) TNI Rachmad Jayadi. Dia menggantikan Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, yang saat ini mengikuti pendidikan di Lemhannas.

Rahmat Jayadi, lulusan Akademi Angkatan Laut angkatan ke-37, sebelumnya menjabat sebagai wakil komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal).

Laksdya Herru menyampaikan Koarmada III memiliki wilayah kerja yang cukup luas, yaitu membawahi wilayah perairan Indonesia bagian timur mulai dari pangkalan TNI AL di Maluku sampai ke Papua dan Papua Barat.

“Dengan wilayah kerja yang cukup luas menjadi tanggung jawab Koarmada III, dan permasalahan-permasalahan sebagai tantangan tugas, dan perubahan atau perkembangan situasi yang dinamikanya tinggi, maka Pangkoarmada III harus dapat mengantisipasi secara dini dan harus mampu merespon dengan cepat dan tepat sesuai dengan hukum yang berlaku, baik hukum nasional dan hukum internasional,” kata Pangkoarmada RI.

Laksdya Herru juga menyampaikan pesan kepada dua pejabat baru Koarmada RI, yaitu Dankolat yang resmi dijabat oleh Kolonel Laut (P) Endra Hartono. Kolonel Endra menggantikan Laksamana Pertama Octavianus Budi Susanto. Kemudian, posisi Dankoppeba saat ini resmi diisi oleh Kolonel Laut (S) Darmansyah, menggantikan Laksamana Pertama TNI Ferdy Hendarto Susilo.

“Komandan Komando Latihan Koarmada RI harus melaksanakan uji kemampuan alutsista beserta personel sebagai pengawak, baik di KRI (kapal perang Indonesia), KAL (kapal TNI Angkatan Laut), dan kapal patroli keamanan laut (Patkamla) dengan tepat dan realistis sesuai tuntutan tugas sehingga profesionalisme prajurit dan kesiapan tempur dapat terwujud,” kata Pangkoarmada kepada Dankolat Koarmada RI yang baru.

Terakhir, Laksdya Herru juga berpesan kepada Dankoppeba yang baru agar menyiapkan dan menyelenggarakan rencana latihan untuk para penyelam secara terukur, terutama untuk kepentingan operasi TNI, dan penyelamatan (SAR).

Baca juga: Pangkoarmada I tinjau alutsista Mako Lanal Sabang

Baca juga: Pangkoarmada RI menargetkan penguatan peran Koarmada RI

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023