Jakarta (ANTARA) - Panglima Koarmada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto melantik dan mengambil sumpah Laksamana Muda TNI Hersan sebagai Panglima Komando Armada III (Pangkoarmada III).

"Serah terima jabatan di TNI Angkatan Laut pada hakikatnya merupakan dinamika organisasi, sebagai bagian dari proses pembinaan personel yang dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan," kata Heru dalam upacara serah terima jabatan di Mako Koarmada RI, Jakarta, Senin.

Pangkoarmada III sebelumnya dijabat Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi. Rachmad Jayadi selanjutnya akan menjabat sebagai Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI. Sedangkan Laksamana Muda TNI Hersan sebelum menjabat Pangkoarmada III menjabat sebagai Sekmilpres Kemensetneg RI.

Pangkoarmada RI menyampaikan bahwa wilayah kerja Koarmada III yang meliputi wilayah Indonesia bagian timur. Diketahui bahwa situasinya sangat dinamis yang dapat mempengaruhi situasi politik dan keamanan nasional, serta memiliki wilayah perbatasan dengan beberapa negara tetangga.

"Tentu saja setiap saat memiliki kepentingan tertentu, belum lagi dihadapkan pada ancaman konflik horizontal serta pelanggaran hukum di laut," katanya mengingatkan.

Dia berpesan agar Pangkoarmada III harus senantiasa mengantisipasi kemungkinan ancaman potensial dan aktual di wilayah kerja. Serta harus tanggap terhadap perkembangan situasi keamanan di wilayah kerja, terutama dalam menghadapi tahun politik 2024 dan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Dia berharap para pejabat baru untuk secepatnya beradaptasi dengan lingkungan, menyesuaikan dengan perubahan-perubahan strategis yang ada.

Baca juga: Koarmada III kibarkan Merah Putih di kedalaman laut tujuh meter
Baca juga: Menhan serahkan 100 sepeda motor untuk perkuat Koarmada II TNI AL

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023