Lanjutkan tradisi TNI AL kita yang luar biasa. Pertahankan contoh kepahlawanan Yos Sudarso dalam jiwa kalian.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menyerahkan 100 unit sepeda motor untuk Komando Armada (Koarmada) II TNI Angkatan Laut di sela-sela upacara serah terima dua kapal pemburu ranjau baru di Dermaga Madura, Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Senin.

Prabowo menyerahkan motor itu secara simbolis kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali.

"Salah satu pilar kedaulatan adalah suatu kekuatan Angkatan Laut yang tangguh. Matra laut Indonesia memiliki tugas utama sebagai kekuatan pertahanan yang menjaga dan menjamin kedaulatan bangsa dan negara serta sebagai instrumen diplomasi dan penegakan hukum nasional di laut Indonesia," kata Menhan RI saat acara di Dermaga Madura Koarmada II Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Senin.

Oleh karena itu, Prabowo menilai penguatan kemampuan matra laut melalui penambahan alutsista dan sumber daya manusia mutlak demi pertahanan negara.

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo juga menyampaikan rasa bangganya kepada seluruh prajurit TNI AL yang mengikuti rangkaian upacara di Dermaga Madura Koarmada II.

"Saya ingin menyampaikan rasa bangga saya melihat saudara-saudara sekalian. Rasa bangga dan haru saya melihat Angkatan Laut kita. Kalian memiliki tugas yang sangat berat, tetapi saya lihat hari ini, semangat kalian, disiplin kalian, kemampuan fisik kalian, keberanian kalian adalah sangat-sangat baik, sangat-sangat tinggi," kata Prabowo.

Ia mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan keikhlasan para prajurit membaktikan dirinya untuk negara.

"Saya bicara bukan hanya memuji. Saya mantan Komandan Pasukan Khusus. Saya bisa lihat tentara yang hebat. Saya bisa melihat prajurit yang semangat. Saya bisa lihat prajurit yang ikhlas membela negara dan bangsa. Saya bangga dengan kalian. Terima kasih. Atas nama pemerintah Indonesia saya ucapkan terima kasih atas pengabdianmu," kata Menhan RI.

Prabowo juga menyampaikan pemerintah memahami kesulitan-kesulitan yang dialami para prajurit dan berupaya mengatasi itu.

"Kami mengerti kesulitan-kesulitan yang kau hadapi. Presiden Joko Widodo dan saya sebagai Menteri Pertahanan, kami bertekad untuk segera membangun kekuatan pertahanan yang dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Sekali lagi, saya bangga dengan kalian," katanya lagi.

Di hadapan  jajaran prajurit TNI AL, mantan Danjen Kopassus ini melanjutkan, "Sebagai seniormu, saya bangga. Laksanakan tugasmu! Lanjutkan tradisi TNI AL kita yang luar biasa. Pertahankan contoh kepahlawanan Yos Sudarso dalam jiwa kalian. Kalian juga harus pada saatnya memberi segala yang kau miliki untuk bangsa dan rakyat kita yang kita cintai."

Baca juga: Menhan: Rawat dua KRI pemburu ranjau baru agar selalu siap tempur
Baca juga: Menhan kepada mahasiswa UPN: Negara, bangsa, rakyat tunggu baktimu


Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023