Sorong (ANTARA) - Komando Armada (Koarmada) III melalui Pasukan Katak (Kopaska) mengibarkan bendera Merah Putih di kedalaman laut tujuh meter di Perairan Saoka, Tanjung Kasuari, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Kamis, sebagai bagian dari merayakan momentum HUT ke-78 RI.

Komandan Kopaska Koarmada III Letkol Laut (P) Robinson H. Etwiory yang memimpin prosesi pengibaran Merah Putih di kedalaman laut tujuh meter itu menjelaskan kegiatan pengibaran bendera Merah Putih di laut merupakan momentum untuk memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023.

"Ini bagian dari peringatan HUT ke-78 RI sehingga atas perintah Panglima Koarmada III untuk mengibarkan Bendera Merah Putih sampai di dasar laut," jelas Robinson H. Etwiory.

Dia mengakui bahwa Koarmada merupakan unsur maritim, maka pengibaran bendera Merah Putih harus dilakukan sampai dasar laut.

Ini, katanya, sesuai dengan semangat patriot Koarmada bahwa setiap jengkal daerah perairan termasuk di bawah laut harus dipertahankan.

Kegiatan seperti ini perlu dilakukan untuk menegaskan secara de facto bahwa perairan ini merupakan milik Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami Jalasena TNI Angkatan Laut sebagai patriot NKRI, siap sedia menjaga perairan tercinta kita di seluruh wilayah yurisdiksi Indonesia,” pungkas Komandan Kopaska Koarmada III.

Dia menyebutkan, yang terlibat dalam kegiatan pengibaran bendera Merah Putih di dasar air laut terdiri dari 28 personel Koarmada III dan 4 personel dari Ditpolairud Polda Papua Barat.

Baca juga: Menhan: Rawat dua KRI pemburu ranjau baru agar selalu siap tempur

Baca juga: Satkopaska Koarmada III latihan perang laut khusus di Sorong

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023