Sektor bisnis dan komersial serta pusat perbelanjaan memiliki konsumsi energi yang cukup besar.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengapresiasi terpasangnya pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap di Gandaria City Mall, Jakarta berkapasitas 544,45 kilowatt peak (kWp) dalam rangka mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan.

"Kami menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Pakuwon Group yang telah menjadi bagian dari upaya kita bersama mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan dengan terpasangnya PLTS atap dengan kapasitas 544 kWp di Gandaria City Mall," kata Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Kementerian ESDM Andriah Feby Misna dalam peresmian PLTS atap, di Gandaria City Mall, Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, PT Pakuwon Jati TBK (PWON) selaku pengelola Gandaria City Mall menggandeng PT Agra Surya Energy yang merupakan pengembang dan penyedia energi terbarukan, khususnya di bidang PLTS memasang PLTS atap di Gandaria City Mall tersebut.

Andriah menyatakan bahwa sektor bisnis dan komersial serta pusat perbelanjaan memiliki konsumsi energi yang cukup besar.

"Kurang lebih 30 hingga 35 persen dari biaya operasionalnya itu lari untuk konsumsi energi," ujarnya pula.

Lebih lanjut, ia mengatakan saat ini tren global menuntut pusat perbelanjaan tidak hanya menyediakan shopping center, entertainment, dan lifestyle experience, tetapi juga menyediakan energi bersih hingga tahap penerapan net zero energy building.

"Dimana para pengelola gedung diharapkan juga bisa melakukan inovasi dan terobosan yang dapat meminimalkan penggunaan energi. Implementasi PLTS atap dapat menjadi salah satu pertimbangan untuk sektor bisnis yang konsumsi energinya merata sepanjang hari," kata Andriah.

Sementara tu, Presiden Direktur PT Pakuwon Jati A Stefanus Ridwan mengatakan kerja sama dengan PT Agra Surya Energy tersebut sebagai wujud komitmen perusahaannya untuk menurunkan emisi karbon.

"Dalam upaya mendukung program transisi energi bersih dan target jangka panjang Indonesia untuk mencapai net zero emission (NZE) tahun 2060," kata dia lagi.

Selain instalasi PLTS atap di Gandaria City Mall, kata dia, PT Pakuwon Jati dan PT Agra Surya Energy juga telah sepakat melanjutkan kerja sama pemasangan PLTS atap di tiga mall milik Pakuwon Jati lainnya, yaitu Tunjungan Plaza dan Royal Plaza di Surabaya serta Pakuwon Mall di Yogyakarta.

"Sehingga seluruh kapasitas PLTS yang akan terpasang mencapai 1.736 kWP untuk dapat mengurangi emisi karbon sekitar 1.464 ton per tahun," kata Stefanus Ridwan.

Sedangkan, Direktur Utama PT Agra Surya Energy Harvey Tjokro juga mengapresiasi langkah yang ditempuh oleh PT Pakuwon Jati dalam rangka mendukung kebijakan energi nasional Pemerintah Indonesia.

"Dengan dibangunnya PLTS atap di mal dan pusat perbelanjaan milik Pakuwon Group ini akan sangat mendukung kebijakan energi nasional pemerintah Indonesia," ujar Harvey.

Adapun PT Agra Surya Energy berdiri sejak 2018 dan telah memasang PLTS dengan total kapasitas lebih dari 100 megawatt peak (MWp) dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Baca juga: Pengamat sebut seharusnya tak ada pembatasan PLTS atap bagi masyarakat
Baca juga: Pertamina resmikan bantuan pemasangan PLTS atap di UGM

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023