Shenyang, China (ANTARA) - BMW Brilliance Automotive Ltd. (BBA), usaha bersama BMW Group di China, pada Kamis (18/5) merayakan ulang tahun ke-20 perusahaan tersebut, dengan mengumumkan investasi lebih lanjut serta melokalisasi pengembangan mobilitas elektro di China.

Dalam sebuah konferensi pers perusahaan itu, mereka mengatakan bahwa kendaraan listrik generasi baru Neue Klasse akan diluncurkan pada 2026 dari basis produksinya di Shenyang, ibu kota Provinsi Liaoning, China timur laut.

Pada Kamis, upacara peletakan batu pertama diadakan untuk memulai pembangunan pabrik produksi baterai baru BBA di Shenyang dengan total investasi mencapai 10 miliar yuan (1 yuan = Rp2.129) atau sekitar 1,43 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp14.875). Dijuluki sebagai baterai tegangan tinggi generasi keenam, baterai tersebut diperkirakan akan digunakan pada model baru Neue Klasse.

"Dengan bangga hari ini saya mengumumkan produksi lokal Neue Klasse di China, 20 tahun setelah dimulainya produksi pertama di usaha bersama kami. Berawal dari sebuah pabrik perakitan kecil dengan hanya beberapa unit, pabrik kami di Shenyang telah berkembang menjadi tempat produksi terbesar di dunia," kata Milan Nedeljkovic, anggota dewan manajemen BMW AG, yang bertanggung jawab atas produksi.

Sejak 2010, hampir 100 miliar yuan telah diinvestasikan di Basis Produksi BMW Shenyang dan proyek-proyeknya, dengan kapasitas produksi yang meningkat menjadi 830.000 unit per tahun. Pada 2022 saja, volume pembelian BBA di China melampaui 73 miliar yuan, dengan 60 persen lebih di antaranya berasal dari Provinsi Liaoning.

Pada Kamis, BBA juga membuka perluasan Pusat Penelitian dan Pengembangan BMW di Shenyang guna meningkatkan pengembangan mobilitas elektro perusahaan itu.

Di China, BMW Group telah membangun jaringan penelitian dan pengembangan (litbang) dan inovasi terbesar di luar Jerman, yang berlokasi di Beijing, Shanghai, Shenyang, dan Nanjing. BMW Group juga menjalin kerja sama dengan perusahaan teknologi dan mobilitas elektro terkemuka di China, dengan sebuah pusat inovasi gabungan yang dibangun di Shanghai untuk mengeksplorasi ekosistem mobilitas masa depan.

BBA saat ini memiliki sekitar 430 pemasok lokal di China, dengan lebih dari 120 di antaranya berbasis di Liaoning.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023