Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, melepas 402 calon haji program tabungan Labbaika Koperasi Simpan Pinjam Jasa Pekalongan yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada musim haji 1444 Hijriah.

Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin di Pekalongan, Minggu, mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi Kospin Jasa yang telah memfasilitasi masyarakat berangkat haji ke Tanah Suci melalui program tabungan Labbaika ini.

"Selamat jalan dan kami mendoakan jamaah calon haji diberikan kekuatan, kesehatan, dan keselamatan dari Allah SWT agar dapat menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik," katanya.

Baca juga: Kemenag Pekalongan siapkan pemberangkatan 302 calon haji 2023

Ia mengingatkan seluruh jamaah calon haji fokus dan khusyuk dalam menjalankan seluruh rangkaian ibadahnya diterima Allah SWT.

Selain itu, kata dia, kepada jamaah calon haji agar selalu menjaga nama baik Kota Pekalongan serta menjaga kekompakan antar-jamaah.

Dikatakan Salahudin, saat ini daftar tunggu haji untuk Indonesia bisa mencapai sekitar 31 tahun, sehingga bagi calon haji yang bisa berangkat ke Tanah Suci bisa meluruskan niat beribadah agar menjadi haji mabrur.

"Kepada jamaah calon haji yang berangkat tahun ini, berarti Allah SWT telah memberikan kemampuan dan kesempatan untuk melaksanakannya. Oleh karena itu, maksimalkan ibadah haji dan selesaikan segala persoalan sebelum berangkat," katanya.

Kepala Bagian Humas Kospin Jasa Pekalongan Noor Akwan mengatakan pelepasan 402 calhaj tabungan Labbaika Kospin Jasa Pekalongan ini terdiri atas calhaj Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Batang, Pemalang, Tegal, dan Kabupaten Brebes.

"Jamaah calon haji ini sudah melaksanakan semua tahapan persiapan ibadah haji, termasuk manasik haji. Kami memfasilitasi pelaksanaan ibadah haji melalui program tabungan Labbaika Kospin Jasa," katanya.

Baca juga: Calhaj Pekalongan risiko tinggi kesehatan capai 65 persen

Baca juga: 20 calon haji Pekalongan batal berangkat ke Tanah Suci


Noor Akwan yang akrab disapa Wawan mengatakan jamaah calon haji yang berangkat tahun ini sudah menabung di Kospin mulai 2015 termasuk mereka yang tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci karena pandemi COVID-19.

"Terlebih, untuk jamaah calon haji yang berusia lanjut juga mendapatkan prioritas berangkat haji pada 5 Juni 2023. Masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji melalui Kospin Jasa sangat dimungkinkan, baik ikut program tabungan maupun talangan," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023