Bogor (ANTARA News) - Pimpinan Pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Dr Ifan Haryanto mengemukakan, kegiatan melestarikan tradisi Maulid Nabi Muhammad sangat strategis untuk mengaktualisasi ajaran Islam, agar selalu tertanam dalam kehidupan masyarakat modern.

"Melalui kegiatan Maulid Nabi, masyarakat dapat membedah lebih dalam ajaran Islam dan membumikannya dalam kehidupan aktual," katanya saat mengikuti peringatan Maulid Nabi di Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Maulid Nabi, kata dia, juga menjadi wahana penting dalam upaya membumikan ajaran Islam yang penuh kedamaian, toleransi, dan membawa rahmat bagi semesta alam.

"Esensi ajaran Islam yang dibawa Nabi Muhammad adalah rahmatan lil alamin, yaitu membawa rahmat bagi semesta alam," kata Ifan Haryanto yang juga menjabat sebagai Sekretaris Departemen Iptek DPP Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu.

Oleh karena itu, ia menyerukan agar masyarakat terus melestarikan tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW sepanjang waktu dan membumikan ajarannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mantan Sekretaris Tanfidzyah Pengurus Cabang Istimewa (PCI) NU Inggris Raya itu menambahkan, kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan tradisi positif yang memiliki peran strategis dalam membumikan ajaran Islam di tengah kehidupan masyarakat.

"Maulid merupakan tardisi yang sangat baik, yang diwariskan ulama-ulama Nusantara, guna membumikan ajaran Islam di tengah-tengah kehidupan masyarakat," katanya.

Menurut dia, Maulid Nabi juga merupakan momentum yang sangat baik untuk menapaktilasi sejarah panjang perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan Islam di muka bumi.

"Maulid merupakan momentum untuk mengenang kelahiran baginda Nabi Muhammad SAW serta mengkaji sejarah panjang perjuangan beliau," kata alumnus program doktor Ekonomi Pertanian IPB ini.

Selain itu, menurut dia, kegiatan maulid juga sebagai wahana untuk menginternalisasi misi dakwah dan ajararan yang dibawa Nabi Muhammad SAW.

"Dengan Maulid Nabi, kami dapat menginternalisasi ajaran-ajaran yang dibawa Nabi Muhammad SAW dan berupaya mengamalkannya sepenuh hati dalam kehidupan sehar-hari," katanya.

Selain mengikuti kegiatan maulid di Gunungbatu, Ifan Haryanto juga mengikuti kegiatan serupa di Kampung Got Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat, dan di Kampung Kukupu, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanahsareal.
(A035/Z003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013