Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mengajak seluruh lapisan masyarakat melanjutkan semangat perjuangan pendiri Pondok Pesantren An Nadhlah Makassar almarhum K.H. Muh. Harisah A.S.

"Saya bersyukur hadir di haul ini. Perjuangan beliau, K.H. Harisah, kita taati dan saya mengajak kita semua untuk meneruskan perjuangan beliau. Saya bangga dan bersyukur dijodohkan karena kita bisa ketemu di sini," kata Muhaimin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Muhamin menghadiri Haul Akbar X Kiai Harisah di Balai Prajurit Manunggal, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu malam (20/5). Dia menilai Kiai Harisah merupakan sosok dan panutan bagi semua orang. Bahkan, katanya, ilmu Kiai Harisah menjadi amal jariyah bagi ribuan alumni yang hadir di peringatan haul tersebut.

Menurut dia, haul tersebut menjadi semangat untuk berdoa, bertahlil dan membaca Al Quran, serta memberikan seluruh apa yang dimiliki, diperjuangkan, dan cinta kepada Kiai Harisah.

Baca juga: Muhaimin: Keanekaragaman adalah takdir Indonesia

"Dan menjadikan kita nyambung di pikiran dan hati kita. Insyallah, kita diberi kekuatan mewujudkan perjuangan beliau Kiai Harisah," kata Muhaimin.

Sementara itu, pimpinan Pondok Pesantren An Nadhlah Makassar K.H. Afifuddin Harisah menyampaikan terima kasih atas kehadiran Muhaimin dalam acara haul tersebut. Dia menyatakan kehadiran Muhaimin memberikan semangat tersendiri bagi para santri dan peserta yang hadir.

"Kami sudah melahirkan ribuan alumni. Saat ini 700 lebih santri dan yang memiliki SDM (sumber daya manusia) yang kami siapkan menjadi pemimpin bangsa dan umat saat ini," ujar Afifudin.

Baca juga: Muhaimin ingatkan semangat 1998 terus kawal demokrasi dan reformasi

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023