Bekasi (ANTARA News) - Badan Pengelola Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jawa Barat, mengususlkan agar aliran Kali Bekasi segera dilakukan normalisasi pascabanjir yang melanda pekan lalu.

"Pemkot perlu melakukan normalisasi khususnya pengerukan lupur Kali Bekasi," ujar Kepala BPLH Kota Bekasi, Dadang Hidayat, di Bekasi, Kamis.

Menurut dia hampir seluruh aliran Kali Bekasi sudah mengalami pendangkalan akibat endapan lumpur yang cukup tebal di bagian dasar sungai.

"Normalisasi terakhir kali dilakukan pada 2009 lalu. Itu pun hanya sebagian saja yang berlokasi di sekitar wajah kota," katanya.

Dikatakan Dadang, hasil analisisnya di lokasi melaporkan endapan lumpur sudah mendominasi hampir setengah dari kedalaman Kali Bekasi.

Menurut dia, hanya sebagian kecil saja aliran sungai yang mencapai kedalaman ideal di atas 25 meter dengan lebar 40 meter, sedangkan dititik lain terjadi pendangkalan akibat sampah dan sedimentasi

Selain lumpur, kata dia, sungai yang menampung aliran Kali Cikeas dan Cileungsi itu juga dijejali sampah rumah tangga dan ranting tanaman.

"Kondisinya sudah memprihatinkan. Wajar saja kalau gampang meluap," katanya.

Menurut dia, di sepanjang kiri kanan Kali Bekasi juga perlu dilakukan perkuatan dan pembangunan tebing baru sehingga kawasan sungai jadi lebih tertata.
(*)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013