Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mendukung upaya Universitas Islam Malang (UNISMA) yang ada di Kota Malang, Jawa Timur, menjadi salah satu perguruan tinggi bertaraf internasional.

Dalam kunjungan ke Kota Malang, Ahad, Emil mengatakan bahwa dengan perpaduan ilmu pengetahuan, teknologi dan pondasi Islam diharapkan mampu mewujudkan UNISMA sebagai kampus swasta Islam bertaraf internasional.

"UNISMA menjadi salah satu ikon kebangsaan kita dan bagaimana menjajaki akreditasi internasional. Artinya, ada makna bukan saja tempat baik secara fisik dan lokasi, tetapi menjadi tonggak kebanggaan kita semua yang sudah melakukan perjuangan," kata Emil.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata Emil, saat ini UNISMA sedang menerapkan program akselerasi milestone entrepreneurial university menuju universitas kelas dunia. Program tersebut, kata dia, saat ini berada pada tahapan milestone entrepreneurial University.

Baca juga: Ma'ruf Amin minta UNISMA tangkap peluang revolusi teknologi

Baca juga: Akademisi susun konsep tata ruang Kawasan Khusus Terpadu Nusantara


Ia menjelaskan, tahapan tersebut berarti mengakselerasi berbagai program kegiatan akademik dan non-akademik yang fokus dalam mempersiapkan lulusan para pengusaha muda yang kreatif, inovatif, unggul dan berdaya saing global.

"Tentu semua hal itu bisa terwujud apabila didukung peningkatan sumber daya manusia yang multi kompetensi, integritas keilmuan dan moralitas yang kokoh serta unggul," tambahnya.

Ia menambahkan, UNISMA secara nyata ingin mewujudkan entrepreneurial university, salah satunya dengan melakukan ekspansi ke beberapa negara dalam rangka kerja sama dengan perguruan tinggi dan industri luar negeri, antara lain Korea Selatan, Taiwan dan Malaysia.

"Langkah ini mempertegas sekaligus menerjemahkan slogan UNISMA Malang, dari NU untuk Indonesia dan Peradaban dunia serta mewujudkan kampus bertaraf internasional di tahun 2027," katanya.

Ia berharap, rencana serta aksi yang dilakukan UNISMA Malang dalam mewujudkan kampus akreditasi internasional dapat terwujud. Terlebih, UNISMA merupakan peringkat 33 Top Islamic University dunia pada 2022 dan peringkat 1 perguruan terbaik Nahdatul Ulama seluruh Indonesia.

"Selain itu, menurut versi Kemendikbud 2020, UNISMA peringkat 44 PTN-PTS terbaik se-Indonesia dari 4.593 PTN-PTS, serta PTS terbaik se-Indonesia dari 4.034 PTS," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Rektor UNISMA Malang Prof. Maskuri menambahkan, ada beberapa bentuk kerja sama internasional dalam tridharma perguruan tinggi yang dapat dilakukan antara perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri.

"Kerja sama internasional semacam ini dapat membantu perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka sekaligus mempersiapkan mahasiswa agar kompetitif di pasar kerja global," katanya.*

Baca juga: BNPT jalin kerja sama kembangkan Kawasan Khusus Terpadu Nusantara

Baca juga: Wapres dorong Unisma perkuat riset dan inovasi berbasis teknologi


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023