Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali berharap Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda (Laksda) TNI Edwin, yang resmi menjabat, Minggu, dapat membuat gebrakan.

Muhammad Ali, selepas memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Pangkolinlamil dari Laksda TNI Yayan Sofiyan ke Laksda TNI Edwin di Mako Kolinlamil, Jakarta, Minggu, menyampaikan harapannya agar pejabat baru tidak hanya meneruskan pencapaian pendahulunya, tetapi juga meningkatkan kinerja satuan.

“Tentunya pada Pangkolinlamil yang baru seyogianya bisa meneruskan apa yang telah ditorehkan oleh Laksamana Muda Yayan Sofian, bahkan harapannya dapat ditingkatkan,” kata Kepala Staf TNI Angkatan Laut saat jumpa pers selepas upacara sertijab.

Dia lanjut mengingatkan Pangkolinlamil yang baru beberapa agenda latihan telah menunggu dalam waktu dekat, misalnya Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) Ke-4 di Makassar, Latihan Armada Jaya, dan Latihan Gabungan (Latgab) TNI.

“Dalam waktu dekat banyak kegiatan yang harus dilaksanakan seperti MNEK, yang waktunya sudah dekat, kemudian ada Armada Jaya, Latgab TNI, mungkin ada latihan Super Garuda Shield, dan latihan-latihan lain baik yang sifatnya gabungan, latihan bersama dengan negara tetangga, dan latihan yang intinya menjaga kedaulatan dan keamanan lingkungan perairan Indonesia,” kata Laksamana Ali.

Kepala Staf TNI AL mencontohkan Kolinlamil saat dipimpin oleh Laksda Yayan sukses menggelar Latihan Angkutan Laut Nasional (Anglanas).

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Laksamana Muda Yayan Sofian yang telah memimpin Kolinlamil dengan begitu baik, dan seperti kita ketahui bersama telah dilaksanakan saat beliau memimpin, (yaitu) operasi atau latihan Anglanas, Angkutan Laut Nasional, yang melibatkan tidak hanya kapal-kapal angkutan militer, tetapi juga komponen cadangan. Jadi ada kapal-kapal sipil yang terlibat dalam rangka menyiapkan baik (untuk) operasi militer perang maupun operasi militer selain perang,” kata Kasal.

Laksamana Muhammad Ali di Markas Komando (Mako) Kolinlamil memimpin upacara serah terima jabatan dan penyerahan tongkat komando dari Laksda TNI Yayan Sofian ke Pangkolinlamil Laksda TNI Edwin.

Laksda Edwin, yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut Angkatan Ke-37 Tahun 1991, sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pusat Polisi Militer. Sementara itu, Laksda Yayan selepas menyerahkan tongkat kepemimpinan Kolinlamil ke Laksda Edwin akan menjalani Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) Lemhannas XXIV Tahun 2023.

“Upacara sertijab ini adalah hal yang biasa, dan ini adalah dalam rangka regenerasi kepemimpinan dari yang lama ke yang baru, dan ini menunjukkan regenerasi di TNI Angkatan Laut berjalan,” kata Laksamana Ali.

Dalam upacara sertijab Pangkolinlamil, prajurit dari Komando Lintas Laut Militer memeriahkan acara dengan menampilkan pertunjukan kolaborasi seni bela diri karate “Pasukan Avatar Prajurit Kolinlamil” dengan beberapa tarian tradisional Nusantara seperti Rampak Gendang, Rampak Bedug, Tari Badinding, dan Tari Paris Berantai. Pertunjukan itu juga menampilkan seni ketangkasan Parkour dari “Pasukan Spiderman Prajurit Kolinlamil”. Keseluruhan atraksi diiringi musik dari Kolin Power Band.

Baca juga: Kasal: Realisasi MEF Marinir 60 persen, beberapa ranpur diganti
Baca juga: Kasal: Usulan Dankormar diisi pati bintang tiga lolos uji naskah
Baca juga: Kasal: Marinir bisa beri wawasan bela negara di KBN

Pewarta: Genta Tenri Mawangi/M Risyal Hidayat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023