Jakarta (ANTARA) - Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono memimpin acara serah terima jabatan (sertijab) Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) di Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin.

Jabatan panglima kolinlamil diserahterimakan dari Laksda TNI Erwin S. Aldedharma, alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 37 Tahun 1991, kepada Laksda TNI Agus Hariyadi, alumnus AAL Angkatan 38 Tahun 1992, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal.

Laksda TNI Erwin S. Aldedharma akan melanjutkan tugas sebagai Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) Akademi TNI menggantikan Mayjen TNI Kukuh Surya.

Saat membacakan amanat tertulis dari Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, Ahmadi mengatakan Kolinlamil, sebagai salah satu komando utama pembinaan maupun operasi TNI, memegang peran yang sangat penting, baik dalam situasi perang maupun damai.

Terlebih, dengan bentuk geografi Indonesia sebagai negara kepulauan, tambahnya, peran Kolinlamil semakin vital sebagai pembina tunggal AL Militer TNI dan pembina potensi AL Nasional untuk pertahanan dan keamanan negara di laut.

"Kolinlamil adalah bagian dari jembatan dan sabuk pengikat untuk menjaga persatuan nusantara dalam situasi damai maupun genting," jelasnya.

Baca juga: Kasal ingatkan taruna TNI AL berikan pengabdian terbaik bagi negara

Dalam arahannya, Yudo juga mengingatkan kepada seluruh prajurit Jalasena Kolinlamil sebagai penjaga negara dan pelindung keselamatan bangsa yang harus berpegang teguh kepada Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

"Saya ingatkan bahwa kita adalah penjaga negara, pelindung keselamatan bangsa, yang berpegang teguh pada Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. Oleh karena itu, prajurit Jalasena harus selalu bersikap sopan santun dan ramah tamah kepada rakyat, jangan sekali-kali merugikan rakyat. Jangan sekali-kali menakuti dan menyakiti hati rakyat di mana pun berada. Prajurit Jalasena harus menjadi manfaat bagi masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, di tempat berbeda di Geladak KRI Banda Aceh- 593, dilakukan Sertijab Kepala Dinas Sejarah Angkatan Laut (Kadisjarahal) dari Laksma TNI Supardi yang akan menempati jabatan baru sebagai Komandan Lantamal V Surabaya kepada Laksma TNI Eko Gajah Seno yang sebelumnya menjabat Kapoksahli Koarmada II.

Selain itu, jabatan Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) juga diserahterimakan dari Laksma TNI Diki Atriana, yang menempati jabatan baru sebagai Kapoksahli Koarmada RI, kepada Laksma TNI Arif Badrudin yang sebelumnya menjabat Komandan Kolat Koarmada RI.

Sertijab tiga Pati TNI AL tersebut berdasarkan pada Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/558/VI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan 27 Juni 2022.

Baca juga: TNI AL buka perekrutan prajurit Bintara dan Tamtama
Baca juga: Megawati resmikan penamaan Kapal Korvet TNI AL dengan KRI Bung Karno

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022