Koperasi ini diharapkan bisa membantu ekspor produk UMKM lokal, mudah-mudahan mendapat respons baik dari masyarakat
Surabaya (ANTARA) - Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono meresmikan Koperasi Konsumen Kana di kawasan Mayjen Sungkono Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

"Koperasi ini diharapkan bisa membantu ekspor produk UMKM lokal. Koperasi baru ini mudah-mudahan mendapat respons baik dari masyarakat dan punya kesempatan bersinergi bisa mengekspor produk-produk UMKM keluar negeri," kata Heri.

Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan program pemerintah, yakni mengurangi produk-produk impor.

"Brown sugar salah satunya, Koperasi Kana sedang mengembangkan potensi itu. Masyarakat kecil atau UMKM kalau dibantu akan lebih meningkat lagi (ekonominya),” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Konsumen Kana Jonathan Danang Wardhana menjelaskan koperasinya bergerak di bidang ekspor, mengumpulkan produk yang dimiliki anggota untuk dipasarkan di luar negeri.

Baca juga: Wali Kota Eri: Banyak berdiri koperasi ubah nasib warga Surabaya

"Mungkin seperti sarang burung walet, ada pabrik gula di luar negeri yang permintaan gula merah tinggi. Itu yang kami ekspor," katanya.

Pihaknya berharap lebih banyak mengumpulkan anggota dan produk yang bisa bersaing di luar negeri.

"Kami punya channel ekspor kuat di kedutaan luar negeri. Kami dekat dengan Hong Kong, Filipina dan Malaysia. Tiga negara itu yang kami fokuskan," tuturnya.

"Permintaan saat ini yang jelas sarang walet di China, kemudian gula di Filipina dan Malaysia yang tinggi minuman Royal Brewhouse produk asli Indonesia," tambah dia.

Menurut dia, yang menjadi tantangan koperasi saat ini masih banyak orang yang menilai negatif tentang koperasi.

Namun, Danang menekankan bahwa Koperasi Kana tidak meminjamkan uang kepada  anggotanya. Pihaknya menghimpun barang untuk dijual kembali.

“Prinsip dasar koperasi saling gotong-royong. Yang paling berat menjaga konsistensi barang, kualitasnya terutama, tetapi sejauh ini kami masih bisa mengantisipasi," katanya.

Baca juga: PNM Surabaya membagikan alat usaha ke nasabah

Baca juga: Pemkot Surabaya libatkan UMKM buat suvenir jelang Piala Dunia U-17


Pewarta: Willi Irawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023