Kendari (ANTARA) - Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono meresmikan Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari untuk mendukung kinerja TNI AL yang bertugas di wilayah Sulawesi Tenggara.

"Saya mewakili Bapak Kepala Staf Angkatan Laut, kami hari ini meresmikan Gedung Markas Komando Lanal Kendari Oputa Yi Koo. Ini merupakan sinergi antara TNI AL dengan pemerintah daerah," kata Wakasal di Kendari, Selasa.

Wakasal didampingi Gubernur Sultra Ali Mazi meresmikan Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Kendari Caddi, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Gedung Mako tersebut dinamakan Oputa Yi Koo yang merupakan salah satu nama Pahlawan Nasional dari Pulau Buton.

Dia menyampaikan bahwa TNI Angkatan Laut mempunyai tugas yang berhubungan dengan maritim. Pertama menjaga kedaulatan wilayah NKRI dan kedua  menjaga keamanan laut.

Baca juga: Wakasal: Koarmada I intensifkan pengamanan laut Indonesia
Baca juga: Wakasal kunjungi Kampung Bahari Nusantara di Jembrana-Bali


"Bagi Angkatan Darat tidak pernah tanah sejengkal pun lepas dari NKRI, kami juga begitu, tidak akan pernah satu sendok air laut pun lepas dari NKRI, itu moto kami," katanya.

Ia menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara maritim yang sangat luas sehingga dibutuhkan alat untuk melaksanakan pengamanan dengan baik berupa kapal, pesawat terbang, dan pangkalan.
 
Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono meresmikan Markas Komando Pangkalan TNI Angakatan Laut (Lanal) Kendari, Selasa (13/12/2022) (ANTARA/Harianto)


Dia menyebutkan TNI Angkatan Laut terdiri atas empat hal. Pertama, kapal atau KRI, kedua pesawat udara, ketiga tank marinir, dan keempat pangkalan.

Ia menerangkan fungsi pangkalan sangat strategis. yakni untuk bekal ulang satuan-satuan operasi yang melaksanakan kegiatan operasi di wilayahnya. Di samping itu, TNI AL mempunyai tugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan.

"Jadi kami bertugas bagaimana membina masyarakat secara bersama-sama dan mengembangkan kegiatan masyarakat sehingga tujuan negara kita untuk masyarakat yang makmur segera tercapai," ujar dia.

Gubernur Sultra Ali Mazi berharap dengan adanya Mako Lanal Kendari yang baru dapat mendukung dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat di daerah tersebut.

"Tentu ini akan bermanfaat bagi Sulawesi Tenggara,  masyarakat, dan bangsa. Ini akan menjaga kedaulatan bangsa negeri kita, terutama di bidang kelautan. Banyak sekali hal-hal yang perlu kita kerja samakan dengan TNI Angkatan Laut," kata Ali Mazi.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022