Jakarta (ANTARA) -
Lima berita hukum pada Minggu (21/5) yang terjadi di wilayah Indonesia masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari penembak Brimob di Yahukimo ditangkap hingga pergerakan advokat serukan reformasi jilid II.
 
Klik di sini untuk berita selengkapnya
 
1. Polri tangkap seorang terduga pimpinan KKB
 
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan aparat kepolisian telah mengamankan salah seorang terduga pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berinisial KTH alias PH.
 
"Pada hari Jumat, 19 Mei 2023, pukul 13.30 WIT, telah diamankan salah satu terduga (pimpinan) kelompok KKB inisial KTH alias PH," kata Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu.
 
Selengkapnya di sini
 
2. Polri tetapkan seorang tersangka penembakan anggota Brimob di Yahukimo
 
Polri menetapkan seorang tersangka berinisial AS (25) dalam kasus dugaan penembakan yang menewaskan Bripda GAP, anggota Brimob Satgas Preventif Operasi Damai Cartenz di Kabupaten Yahukimo, pada 30 November 2022.
 
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan di Jakarta, Minggu, mengatakan tersangka AS diduga terlibat dalam aksi yang menyebabkan gugurnya Bripda GAP dan dua anggota Brimob lainnya luka-luka.
 
"AS ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara tersebut dan dilakukan penahanan untuk proses lebih lanjut," kata Ramadhan dalam keterangan di Jakarta, Minggu.
 
Selengkapnya di sini
 
 
3. Pangdam Sriwijaya sambut Satgas Yonif Raider 142/KJ dari Papua
 
Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi menyambut Satgas Pengamanan Terbatas RI-Papua Nugini Kewilayahan Yonif Raider 142/Kesatria Jaya (KJ) dari Papua menggunakan KRI Tanjung Kambani di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Ahad.
 
Anggota Satgas berjumlah 400 orang di bawah Komando Danyonif Raider 142/KJ Letnan Kolonel Inf Esnan Haryadi, semuanya dalam kondisi selamat dan sehat serta berhasil melaksanakan tugas negara dengan baik.
 
Selengkapnya di sini
 
4. Pergerakan Advokat serukan reformasi jilid II melalui penegakan hukum
 
Para eks aktivis gerakan mahasiswa tahun 1998 yang berprofesi sebagai advokat mendeklarasikan organisasi profesi advokat bernama Pergerakan Advokat Indonesia dan menyerukan gerakan reformasi jilid II melalui upaya penegakan hukum.
 
Bertepatan dengan peringatan 25 tahun reformasi, Pergerakan Advokat Indonesia mengadakan musyawarah nasional dan deklarasi di Jakarta, Minggu. Dalam kesempatan itu, para eks aktivis mahasiswa tersebut menegaskan bahwa gerakan reformasi perlu dilanjutkan.
 
Selengkapnya di sini
 
 
5. Koarmada III hadirkan dua kapal perang perkuat pertahanan Laut Pasifik
 
Komando Armada (Koarmada) III menghadirkan dua kapal perang jenis korvet yakni KRI Malahayati (362) dan KRI Fatahillah (361) guna memperkuat pertahanan di laut pasifik.
 
Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi di Sorong, Minggu, menjelaskan kehadiran dua kapal perang tersebut untuk memperkuat pertahanan laut pasifik karena kekuatan kapal perang yang dimiliki Koarmada III saat ini berukuran kecil, sehingga perlu memperkuat armada dengan kapal perang yang memadai.
 
Selengkapnya di sini

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023