Jakarta (ANTARA) - Sutradara Christopher Nolan mengungkapkan film terbarunya yang bertajuk "Oppenheimer" akan menjadi film dengan durasi terpanjang yang pernah digarapnya sampai saat ini.

Dilaporkan oleh Variety pada Minggu (21/5) waktu setempat durasi "Oppenheimer" akan lebih panjang dari durasi film "Insterstellar", film garapan Nolan dengan durasi terpanjang sebelum "Oppenheimer", yang berdurasi 2 jam 49 menit.

"Ini akan sedikit lebih panjang dari yang pernah kita buat," kata Nolan kepada majalah Total Film dikutip oleh Variety. Dia menambahkan durasi film tersebut akan menyentuh tiga jam.

Baca juga: Josh Hartnett bergabung di film baru Christopher Nolan "Oppenheimer"

Aktor Cillian Murphy akan membintangi film garapan Nolan tersebut. Dia akan berperan sebagai seorang ahli fisika sekaligus "bapak bom atom" J. Robert Oppenheimer. Film tersebut akan mengikuti kisah Oppenheimer ketika dia meluncurkan Proyek Manhattan dan mengawasi proses penciptaan bom atom.

"Saya pikir dari karakter yang pernah saya tangani, sejauh ini Oppenheimer adalah yang paling ambigu dan paradoksal," kata Nolan.

Cillian Murphy mengaku memerankan karakter Oppenheimer merupakan tanggung jawab yang besar namun dia percaya diri jika penampilannya film tersebut diarahkan oleh Nolan.

"Kamu menyadari ini adalah tanggung jawab yang besar. Dia (Oppenheimer) adalah karakter yang rumit, kontradiktif, dan sangat ikonik. Tapi kamu tahu saya bersama salah satu sutradara terbaik sepanjang masa. Saya merasa percaya diri menjalankan ini bersama Chris. Dia memiliki pengaruh besar dalam hidup saya, secara kreatif dan profesional. Dia menawari saya peran yang sangat menarik dan menurut saya semuanya sangat menantang. Dan saya suka berada di lokasi syutingnya," kata Murphy.

Selain Murphy, film "Oppenheimer" juga akan dibintangi oleh Emily Blunt yang berperan sebagai seorang ahli biologi sekaligus istri Oppenheimer bernama Katherine, Matt Damon sebagai Jenderal Leslie Groves Jr yang memimpin Proyek Manhattan, dan Robert Downey Jr sebagai Lewis Strauss seorang komisaris pendiri Komisi Energi Atom AS.

Florence Pugh, Benny Safdie, Michael Angarano, Josh Hartnett, dan Rami Malek juga akan membintangi film tersebut. Film "Oppenheimer" dijadwalkan akan dirilis oleh Universal Pictures pada 21 Juli.

Baca juga: Penayangan cuplikan baru "Oppenheimer" disambut meriah di CinemaCon

Baca juga: "Oppenheimer" dari Christopher Nolan rilis cuplikan perdana

Baca juga: Christopher Nolan ungkap detil baru film "Oppenheimer"

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023