Beijing (ANTARA) - Pihak berwenang China hari Minggu (21/5) merilis seperangkat pedoman untuk memfasilitasi pembangunan sistem perawatan lansia dasar.

Dokumen tersebut, dirilis bersama oleh Kantor Umum Komite Pusat Partai Komunis China dan Kantor Umum Dewan Negara, menekankan bahwa memfasilitasi pembangunan sistem ini sangat penting dalam upaya China untuk mengejar strategi nasional proaktif dalam menanggapi penuaan populasi dan menjamin pemerataan akses pelayanan publik.

Menurut pedoman tersebut, pelayanan dasar perawatan lanjut usia terdiri dari bantuan materi, perawatan, dan layanan pengasuhan, antara lain. Mereka disediakan langsung oleh pemerintah atau oleh pihak yang didukung oleh pemerintah.

Pedoman mencatat bahwa sistem harus mengikuti prinsip-prinsip memenuhi kebutuhan esensial dan dapat diakses secara universal. Sementara itu, sistem juga harus memungkinkan keluarga dengan kesulitan keuangan untuk didukung dalam perawatan lansia dan memastikan semua sumber daya kelembagaan terkait perawatan lansia dioptimalkan dan terintegrasi.

Pedoman tersebut mencantumkan lima aspek utama di mana lebih banyak pekerjaan harus dilakukan, itu termasuk membentuk dan menerapkan daftar layanan perawatan lansia, membangun mekanisme respons aktif untuk menyediakan layanan yang akurat, meningkatkan mekanisme yang memastikan layanan perawatan lansia yang sehat, meningkatkan kapasitas layanan, dan membuat layanan tersebut lebih mudah diakses.

Penerjemah: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023