Semoga bapak dan ibu berangkat ke Tanah Suci, menunaikan ibadah wajib dan sunnah hingga kembali ke Tanah Air nanti. Semuanya bisa lancar, sehat, berkah dan kembali menjadi haji yang bahagia dan berkah, dan pulang menjadi haji yang mabrur dan mabruroh
Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondouw (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melakukan manasik haji kepada calon jamaah haji (CJH) sebelum berangkat ke Tanah Suci di Arab Saudi pada musim haji 1444 Hijriah/2023 Msehi.

Kepala Kantor Kemenag Bolmong, Shabri Makmur Bora, di Bolmong, Senin menjelaskan kebijakan Kemenag dalam penyelenggaraan haji terus ditingkatkan agar pelayanan kepada jamaah haji terus membaik.

Ia juga menyampaikan komitmen Kemenag Provinsi Sulut, termasuk di Bolmong untuk memberikan pelayanan kepada jamaah haji yang terbaik..


Termasuk di dalamnya, kata dia, berusaha menekan biaya lokal agar beban jamaah bisa terbantu.

Ia juga mengucapkan selamat kepada calon jamaah haji tahun 2023 yang dipilih Allah subhanahu wa ta ala (SWT) untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah.

“Semoga bapak dan ibu berangkat ke Tanah Suci, menunaikan ibadah wajib dan sunnah hingga kembali ke Tanah Air nanti. Semuanya bisa lancar, sehat, berkah dan kembali menjadi haji yang bahagia dan berkah, dan pulang menjadi haji yang mabrur dan mabruroh, Amiin," tambahnya.

Pihaknya berharap penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 segala proses yang akan dilalui dapat diberikan kemudahan dan kelancaran dalam pelaksanaannya.

Selain itu, ia juga berpesan kepada calon jamaah haji agar mempersiapkan mental, pikiran dan jiwa.

"Pasrahkan semuanya kepada Allah SWT, di mana itu menjadi hakikat dan realitas keberadaan manusia, yakni  mengembalikan semuanya kepada pencipta-Nya," demikian Shabri Makmur Bora.


Baca juga: Kementerian membuka seleksi penyelenggara haji di Kabupaten Sulut

Baca juga: Tempat ziarah di Bolaang Mongondouw Utara disebut kecamatan

Baca juga: Calon haji Minahasa diberikan pembinaan Program Manasik sepanjang tahun

Baca juga: Jamaah Haji Sulut menerima vaksin meningitis


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023